Meski Pengurangan 20 Persen, Kakanwil Kemenag Berhasil Tingkatkan Kuota Haji Terbanyak ke-2 se-Indonesia

Sultra Raya282 views
Kakanwil Kemenag Sultra, Ali Irfan

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Imbas pengurangan jumlah kuota haji sebanyak 20 persen se-Indonesia, juga dirasakan dampaknya sampai di Sultra. Kuota normal untuk jamaah haji Sultra sebanyak 1.665 jamaah, namun setelah dilakukan pemotongan 20 persen sisa 1.335 jamaah.

Kendati demikian, Kanwil Kemenag Sultra berhasil meningkatkan jumlah kuota haji terbesar ke-2 di Indonesia setelah Sulsel. Setelah mengalami peningkatan, kuota haji Sultra melonjak menjadi 2.012 ditambah dengan PPHD 14. Dengan demikian, jamaah di Sultra mengalami peningkatan sebanyak 677 jamaah.

“Alhamdulillah kita berhasil meningkatkan kuota haji meski diprotes dari provinsi lain, peningkatannya menjadi 2.012 plus PPHD 14,” ujar Kakanwil Kemenag Ali Irfan, Senin (6/3/2017).

Ali Irfan menambahkan, daftar tunggu untuk jamaah haji yang selama ini 25 tahun juga berhasil dikurangi menjadi 16 tahun. “Turunnya drastis,” kata Mantan Auditor kasus Surya Darma Ali ini.

Lebih lanjut, Ali Irfan memaparkan penambahan kuota haji Sultra saat dirinya mengikuti pertemuan dengan pimpinan Dirjen Haji. Dalam pertemuan tersebut, pihaknya membahas prospek proporsional keadilan. Menurutnya, jika kuota haji Sultra hanya 1.665, itu sama saja mengklaim jumlah penduduk Sultra tidak mengalami peningkatan. “Dari situlah sehingga Sultra dipertimbangkan untuk dinaikkan kuota jamaah hajinya,” tuturnya.

[irp posts=”290″ name=”Kemenag RI Puji Prestasi DUNW Soal Menjaga Tradisi Santri”]

Pasca penambahan kuota, Ali Irfan berjanji lagi akan melobi jumlah panitia agar dapat disertifikatkan. Hal ini perlu dilakukan sebab Sultra sudah mencapai 4 kloter lebih. “Kelebihannya sampai 212 jamaah, jika sudah mencapai 5 kloter maka kita bisa embarkasi asal pemerintah daerahnya mau mendukung saya,” ucapnya.

Penulis     : Ajmain Yusdin.

Komentar