Minggu Kedua Puasa, Harga Bahan Pokok Mulai Beranjak Naik

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Minggu kedua puasa, harga bahan pokok dan sayuran yang dijual oleh para pedagang di Pasar Sentral Kota Kendari mulai beranjak naik.

Sumarni salah seorang pedagang di Pasar Sentral Kota Kendari menuturkan bahwa, sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan harga seperti bawang putih, bawah merah, cabe rawit dan bahan pokok lainya.

Bawang merah dari yang tadinya Rp 30.000/kg kini dijual menjadi Rp 35.000/kg, bawah putih dari yang tadinya Rp 40.000/kg kini menjadi Rp 60.000/kg. “Semua bahan pokok naik, saya bahkan tidak menjual tomat karena harganya yang mahal,” ujar Sumarni, Minggu (4/6/2017).

Harga sayuran dan ikan juga mengalami kenaikan. Harga Terong dari yang tadinya Rp 3.000/ikat sekarang Rp 7.000/ikat, harga bayam dari Rp 3.000/ikat sekarang Rp 10.000/ikat, Kol tadinya Rp 8.000/kg sekarang menjadi Rp 12.000/kg, Ikan segar dan ikan asin juga ikut naik.

Kenaikan harga bahan pokok ini juga disebabkan karena banjir yang baru-baru ini menimpa Kota Kendari. “Semua serba naik. Karena banjir, jadi sayur tidak tumbuh,” ujar salah seorang pedagang lainnya.

Sementara untuk beberapa bahan pokok lainnya, terpantau masih tetap stabil, seperti harga telur, ayam potong, dan juga beras yang diperkirakan akan naik menjelang hari raya Idul Fitri.

Penulis: Reynal Taguge
Mahasiswa Jurnalistik FISIP UHO

Komentar