Parah, Gas Elpiji 3 Kg Sering Langka Ternyata di Bawah Kabur Keluar Wilayah Sultra

Sultra Raya200 views

 

Kanan Indra Pratama (Sales Eksekutif Ritel Sultra), Tengah Dewa Ketut (Asisten Sales Eksekutif Gas Elpiji)

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Penyebab sering terjadinya kelangkaan gas elpiji 3 kg terkuak sudah. Hal ini dikemukakan Dewa Ketut Asisten Sales Eksekutif Pertamina Kendari saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas ESDM Pemprov Sultra dan Komisi II DPRD Sultra.

Ketut saat memberikan penjelasan dihadapan anggota DPRD Sultra mengungkapkan, kuota yang selalu disediakan pihak pertamina sudah dikalkulasi mencukupi seluruh kebutuhan pemakaian masyarakat Sultra.

“Sebenarnya perkiraan kami mestinya tidak pernah terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kg. Sebab kuota yang disediakan sudah dihitung bisa mencukupi kebutuhan daerah yang sudah masuk dalam program konversi gas,”terangnya, Senin (17/4/2017).

Pihaknya, sambung Ketut, sudah melakukan beberapa kali penelusuran mengenai kelangkaan gas elpiji. Dari hasil penelusuran ditemukan ternyata sebagian gas elpiji 3 kg dilarikan keluar dari wilayah Sultra.

Ketut merincikan, daerah tempat mengalirnya gas elpiji milik masyarakat Sultra yakni Menui dan Bungku. Kedua daerah itu, merupakan daerah Sulawesi Tengah. Sedangkan untuk penyalurannya, lewat perbatasan darat melalui Konawe Utara dan ada yang lewat pelabuhan menuju daerah tersebut.

“Jadi bebarapa kali kita menemukan gas elpiji 3 kg ini di bawah keluar daerah. Sehingga inilah yang sering menjadi pemicu kelangkaan gas elpiji,”ujarnya.

Penulis: Hermawan Lambotoe

Komentar