Peduli Generasi Muda, TNI Ajarkan Pelajaran Pramuka Diperbatasan

oleh -195 views

Keerom – Letkol Inf Hendry Ginting S., S.I.P sebagai Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/Woroagi memimpin langsung kegiatan bakti sosial dan pengobatan massal, kali ini sasarannya ditujukan ke wilayah pedalaman Papua yaitu di Kampung Molof Terse, Distrik Senggi, Kab, Keerom, Papua.

Satgas Yonif 725/Woroagi dalam hal ini bekerjasama dengan Koramil 1701-06/Senggi serta menggandeng Puskesmas Distrik Senggi untuk memberikan pengobatan massal, kegiatan ini juga selaras dengan program Puskesmas Senggi untuk memberikan vaksin imunisasi kepada balita untuk mecegah penyakit Campak dan Rubela, Satgas Yonif 725/Woroagi juga membantu mendata kesehatan masyarakat dengan cara door to door, kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 18 s.d 21 Februari 2019.

Selain itu, Satgas Yonif 725/Woroagi juga memberikan Tali Asih kepada masyarakat berupa pakaian layak pakai, Alkitab, seragam sekolah (SD), buku, alat tulis, dan sarana olah raga berupa bola volly beserta net dan bola kaki.

Dansatgas Yonif 725/Woroagi juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memberikan wawasan kebangsaan dan motivasi kepada anak-anak Kampung Molof Terse melalui kegiatan hiburan nonton bersama yang menampilkan film-film yang membangkitkan motivasi pada malam harinya.

Masyarakat sangat antusias atas kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Yonif 725/Woroagi, mereka juga sangat bangga dan terharu karena setelah 21 tahun akhirnya ada Satgas Pamtas yang datang ke kampung mereka. Hal itu terlihat saat masyarakat dengan ikhlas bahu-membahu membawakan barang-barang rombongan Satgas Yonif 725/Woroagi, dari pelabuhan menuju kampung mereka yang harus melewati jalan setapak yang dipalang rel kayu melintasi hutan untuk sampai di kampung mereka dan mereka juga sangat berharap kedepan Satgas-satgas berikutnya dapat melanjutkan kegiatan seperti yang telah dilakukan Satgas Yonif 725/Woroagi.

Menyambut kehadiran Satgas Yonif 725/Woroagi, warga Kampung Molof Terse kemudian pergi ke hutan untuk mencari rusa sebagai hidangan utama dalam acara santap bersama rombongan Satgas Yonif 725/Woroagi dengan Warga Kampung Molof Terse.

Dansatgas Yonif 725/Woroagi mengatakan bahwa, “Kegiatan di Kampung Molof ini sudah direncanakan jauh hari karena ada seorang warga dari Kampung Molof datang ke Pos Kotis Senggi untuk silaturahmi dan mengundang kami datang ke Desa mereka, karena selama ini belum pernah ada Satgas Pamtas yang datang ke sana sejak Tahun 1998,” ujarnya.

Letkol Hendry Ginting juga berharap dengan adanya kegiatan ini akan membantu Pemda Kab. Keerom khususnya di bidang kesehatan, selain itu juga dapat meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat dan rasa cinta tanah air serta menjaga dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Pengirim: Satgas Pamtas Yonif 725/Woroagi