Pemkot Kendari Siap Sukseskan Gelaran HPS ke-39 di Sultra

oleh -327 views

Hari Pangan Sedunia. Foto: fao.org

Kendari – Pemerintah (Pemkot) Kota Kendari siap mensukseskan gelaran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Oktober 2019. Kota Kendari sendiri dalam HPS nanti bertugas dalam menyiapkan sarana akamodasi.

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Kendari, Laode Darmawan Dimi mengatakan, mengenai akomodasi, Pemkot telah menyediakan 145 hotel berbintang maupun sedang (melati), dengan jumlah 1.382 kamar 2.010 tempat tidur.

“Jadi pada prinsipnya total kamar yang dibutuhkan sebanyak 3.133 dengan 4.253 tempat tidur yang akan dipakai,” kata La Ode Darmawan beberapa waktu lalu dan ditulis, Senin (23/8/2019).

Baca juga: Sultra Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia ke-39

“Beberapa waktu yang lalu kita sudah melakukan pelatihan manajemen untuk alternatif home stay, itu salah satu persiapan dinas pariwisata melatih bagiamana cara memberikan pelayanan kepada tamu, menerima tamu, kebersihan bagaimana, maupun pelayanan jasa seperti apa,” bebernya.

Menurutnya, Kota Kendari sebagai ikon industri Pariwisata Sultra, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Sanggup untuk menampung seluruh peserta HPS.

“Kalau dilihat jumlah hotel berbintang kurang lebih 50 persen ada di Kota Kendari, makanya Kota Kendari itu menjadi ikon Pariwisata Sultra,” ucapnya.

Sementara di sektor Pariwisata bahari, lanjutnya, pihaknya juga sudah mengantisipasi dengan melakukan pelatihan tata kelola destinasi sadar wisata, baik dari aspek atraksi, amnesti, dan aksesibilitas.

“Untuk destinasi kebaharian, ada Pantai Nambo yang tiap tahun terus mengalami peningkatan, kita juga sudah punya tracking mangrov di Bangkutoko, tracking mangrov Kemaraya, dan Kebun Raya Kendari, disitu kita punya ekoturisme yang menjadi ikon Kota Kendari,” tuturnya.

Untuk pemandu wisata atau peramu wisata, dinas pariwisata sudah siap. Di kota Kendari jumlah peramu wisata yang sudah terferivikasi resmi. 

“Kalau pemandu wisatawan kita khusus di Sultra itu data dari HPI hampir seribuan, Kota Kendari itu semua sudah terferivikasi,” pungkasnya.

bni/rls