Pendaftaran Dimulai 11 April, Begini Syarat dan Tata Cara Mendaftar di SBMPTN

UHO806 views

PORTALSULTRA.COM – SBMPTN 2017 merupakan seleksi yang dilakukan oleh  PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Baca Juga : Ini Kuota Yang Disediakan UHO Untuk Maba 2017, Pertanian Terbanyak, Kedokteran Paling Sedikit

Syarat Pendaftaran
1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA dan paket C tahun 2015, 2016 dan 2017 (tidak diperkenankan bagi lulusan sebelum tahun 2015.)
2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
3. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Prosedur Pendaftaran
1. Pendaftaran SBMPTN 2017 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 4 April 2017.
3. Pendaftaran online Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT) dan dibuka dari tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran online CBT akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan
1. Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
2. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut: Bank Mandiri atau Bank BNI atau Bank BTN.
3. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Ujian
1. Ujian Tertulis (PBT dan CBT) dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2017.
2. Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017.

Baca Juga : Alumni UHO Yang Tidak Terdaftar di Forlap Dikti Dipanggil Kembali Pulang Kampus

Pengumuman Hasil Seleksi
Hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Bagi anda yang pengen berkompetisi mendapatkan beasiswa BidikMisi silahkan mendaftar pada laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2017
1. Terlebih dahulu melakukan pendaftaran untuk mendapatkan KAP dan PIN pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Cukup siapkan Nama Lengkap sesuai dengan Ijazah SMA/SMK/MA anda dan Tanggal, Bulan dan Tahun Lahir anda, prosesnya bisa dilihat pada laman video ini http://download.sbmptn.ac.id/media/02a.mp4
2. Jangan lupa cetak kartu pembayaran anda yang didalamnya tertera kode pembayaran di Bank, KAP, PIN, Nama dan Tanggal Lahir anda.
3. Lakukan pembayaran di Bank Mandiri atau Bank BNI atau Bank BTN (boleh melalui Teller Bank boleh juga melalui ATM) dengan biaya sebesar Rp. 200.000,-. Untuk pembayaran melalui ATM bisa dilihat pada laman https://sbmptn.ac.id/?mid=17
4. Kembali ke pendaftaran online SBMPTN pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN anda tadi lalu silahkan mengisi data yang telah disediakan pada form pendataan SBMPTN didalam laman SBMPTN di atas.
5. Silahkan cetak kartu ujian anda dan tunggu sampai jadwal ujian tiba.

Hal yang harus disiapkan adalah :
a. Foto dalam bentuk file ukuran 4X6.
b. Siapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) anda.
c. Data diri anda yang lain seperti Nama, Alamat, Tempat Tanggal Lahir, Nama atau tempat Sekolah anda, Jurusan di SMA, Tahun masuk dan tahun lulus SMA, data diri orang tua, pendapatan per bulan orang tua, Jenis kelamin, nomor HP, kode pos, pendidikan orangtua.
d. Pemilihan jurusan (kalo anda benar-benar sanggup untuk berkompetisi dan anda memiliki kemampuan yang kuat untuk bersaing dengan ribuan orang silahkan memilih jurusan favorit anda, namun jika tidak mampu silahkan memilih jurusan yang memiliki peminat yang kurang namun memiliki kuota yang banyak.

Untuk Jurusan yang ada di UHO nanti bisa dilihat pada laman https://sbmptn.ac.id/index.php?mid=14&ptn=84. Pertimbangkan baik-baik jurusan yang anda pilih, baik dari segi peminat maupun prospek kerja dari jurusan anda nantinya, jangan asal memilih jurusan sebab anda berkompetisi untuk lulus.

Komentar