Penemu Pertama Pakan Lobster di Dunia Ternyata Dari Sultra

UHO431 views
Dr. Agus Kurnia, M.Si

KENDARI,PORTALSULTRA.COM – Siapa sangka kalau penemu  Pertama Pakan Lobster di Dunia akan lahir dari Sultra ini. Dialah Dr Agus Kurnia MSi, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Jurusan Budi Daya Perairan Fakultas Perikanan, UHO.

Rencananya, pakan lobster mutiara  sudah akan dipatenkan melalui Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Temuannya yang akan dipatenkan yaitu tentang komposisi pemanfaatan tepung kepalaikan dan tepung keong bakau sebagai sumber protein alternatif dalam pakan lobster.

“Setelah saya cari-cari paten di Eropa, di Amerika dan juga di Jepang dan juga saya sudah mencek di HKI, ternyata belum ada paten di dunia mengenai khusus pakan lobster,” ungkap Agus saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Dalam pengusulan hak paten, kata dia, tidak boleh mengajukan jika telah ada yangmengajukan lebih dulu.

“Untuk mengajukan paten dari setiap temuan, maka terlebih dahulu harus mengkonfirmasi dengan hak paten di seluruh dunia. Kalau belum ada berarti kita berhak untuk mengajukannya,” ujarnya.

Lanjut dia, dua sumber alternatif yang digunakan dalam pengusulan paten dari temuannya yaitu penggunaan keong bakau dan tepung kepala ikan. Dari temuannya tersebut Kemenristekdikti mencantumkan dirinya sebagai salah satu peneliti yangmengikuti pelatihan paten.

“Pada 10 Oktober lalu, saya sudah dipanggil dari Kemenristekdikti untuk mengikuti pelatihan paten di makassar,” ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut, dirinya diwajibkan untuk menuliskan draft paten. Terdapat dua hal yang sangat mendasar dalam pembuatan spesifikasi paten, yaitu melindungi penemuannya terhadap orang yang tidak berhak atas penemuan itu dan menginformasikan kepada masyarakat atas penemuan tersebut.

Reporter : Ajmain
Editor : Hermawan Lambotoe

Komentar