Pengumuman SBMPTN 2017 Besok, Begini Mekanismenya Melalui Internet

Kampus373 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Panitia SBMPTN hari ini, Senin (12/6/2017) resmi mengumumkan jumlah peserta yang diterima. Hasilnya adalah sebanyak 148.066 dinyatakan lolos SBMPTN 2017.

Sementara itu, peserta barus dapat mengakses pengumuman melalui jalur internet pada Selasa 13 Juni 2017 mulai pukul 14.00 WIB dan melalui laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Berikut mekanisme pengumuman SBMPTN melalui jalur internet, seperti dikutip dari dikti.go.id

1. Peserta diminta memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir

2. Jika peserta diterima akan ditampilkan Nomor peserta, nama peserta, nama PTN diterima, nama prodi diterima, ucapan “Selamat atas keberhasilan anda”

3. Jika peserta tidak diterima akan ditampilkan nomor peserta, tanggal lahir peserta dan ucapan “Mohon maaf, peserta atas nama…,dengan nomor peserta…dinyatakan tidak diterima pada SBMPTN 2017″.

Kepada peserta yang belum lulus, panitia juga menghimbau untuk tetap semangat. Sebab masih adanya jalur penerimaan yang disiapkan oleh Perguruam Tinggi Negeri (PTN), yakni Seleksi Mandiri.

“Peserta SBMPTN yang belum lulus diharapkan untuk tetap semangat, karena masih ada tahapan ketiga penerimaan mahasiswa baru PTN yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) sebagai jalan untuk menempuh pendidikan di PTN,” himbau Menristekdikti  Mohamad Nasir pada Jumpa Pers di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta seperti dikutp dari dikti.go.id.

Kemenristekdikti juga meminta kepada putra putri Indonesia agar dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk dapat memperhatikan legalitasnya dengan melihat statusnya di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

“Selain itu, putra-putri Indonesia juga bisa melanjutkan pendidikan di PTS yang diakui oleh pemerintah. Agar calon mahasiswa dapat memilih dan masuk perguruan tinggi yang diakui legalitasnya, diharapkan terlebih dahulu untuk melihat status perguruan tinggi di forlap.ristekdikti.go.id,” ujarnya.

Penulis: Benny Syaputra Laponangi

Komentar