Penyandang Disabilitas Belum Disambangi KPU

oleh -118 views

KENDARI,PORTALSULTRA.COM–Upaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari terus digencarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari.

Selain melakukan sosialisasi ke masayarakat umum, KPU juga mengunjungi warga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) untuk melakukan pendataan sekaligus kordinasi dengan pihak Lapas dan Rutan terkait bagaimana warga Kota Kendari yang berada dalam tahanan bisa menyalurkan hak pilihnya di Pilwali memndatang.

Salah satu komisioner KPU Kota Kendari Zainal Abidin yang dihubungi melalui telepon selulernya kemarin mengatakan, KPU sudah berupaya melakukan pendataan warga Kota Kendari yang saat ini berada dalam Lapas dan Rutan. Bahkan KPU sudah melakukan kordinasi dengan pihak Lapas dan Rutan untuk menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam Lapas dan Rutan agar warga kendari yang memnuhi syarat untuk menyalurkan hak pilihnya bisa memilih di Pilwali.

“Sejauh ini, kami sudah melakukan upaya untuk mendata warga Kota Kendari yang saat ini berada di Lapas dan Rutan. Bahkan seperti di Rutan sudah ditetapkan nomor TPS nya yakni TPS 12 untuk wilayah Punggolaka,”terangnya.

Zainal menamabhkan, warga binaan yang berhak untuk memilih sudah diidentifikasi oleh KPU, hanya saja untuk jumlah pastinya masih pluktuatif. Pasalnya kata Inal, ada yang sudah didata dari awal akan tetapi masa tahanannya sudah selesai maka secara otomatis warga binaan tersebut tidak mungkin dimasukkan lagi untuk memilih di Rutan atau Lapas. Begitupun juga sebaliknya, ada warga Kota Kendari yang baru saja masuk dalam tahanan sehingga itu perlu dimasukan namanya untuk memilih di slah satu tempat dia ditahan.

“Kalau data pastinya belum ada, sebab ada yang baru masuk dan ada juga yang sudah keluar,”ucapnya.