Peringati Hari Air Sedunia, Kali Mandonga Dibersihkan

oleh -31 views

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir yang ikut terjun langsung dalam aksi bersih di kali Mandonga. Foto: Humas Pemkot Kendari.

Kendari – Wali Kota Kendari Sulkarnain memimpin peringatan Hari Air sedunia bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV dengan sasaran membersihkan kali Mandonga, Jumat (29/3).

Kegiatan diawali dengan apel dilanjutkan dengan penyerahan alat untuk bekerja dan aksi bersih di kali Mandonga.

Foto: Humas Pemkot Kendari.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, sangat mendukung upaya BWS yang terus mengawal program pemberdayaan aliran sungai dan kali di daerah.

“Sebagai pribadi saya mengapresiasi upaya unit kerja kementerian PUPR di daerah yang melibatkan TNI dari Korem 143 Haluoleo,” ungkap Sulkarnain yang dikutip portalsultra.com dari Kendarikota.go.id, Sabtu (30/3/2019).

Foto: Humas Pemkot Kendari.

“Partisipasi ini juga turut meningkatkan kesadaran masyarakat untuk kepedulian lingkungan seperti menjaga kebersihan sungai dan kali di kota Kendari,” lanjutnya.

Foto: Humas Pemkot Kendari.

Sementara itu, Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Haeruddin C. Maddi, mengatakan bahwa kali Mandonga sengaja dipilih sebagai sasaran peringatan Hari Air Sedunia, karena letaknya di tengah kota yang padat pemukiman. Lokasi ini juga rawan menjadi tempat pembuangan sampah warga.

“Kondisi ini dikhawatirkan menghambat aliran air kali sehingga rawan terjadi banjir saat hujan tiba,” ungkapnya.

Foto: Humas Pemkot Kendari.

Kegiatan bersih kali Mandonga turut melibatkan Dinas Sumber Daya Alam dan Bina Marga Provinsi Sultra, Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Pemerintah Kota Kendari serta petinggi Korem 143/Halu Oleo, dan masyarakat.

Penulis: Benny Laponangi