Punya Surat Keterangan, Bukan Berarti Mutlak Memilih di Pilwali Kendari

Politik218 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM– Surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (Disdukcapil) Kota Kendari bukan berarti merekomendasikan orang yang memiliki suket tersebut mutlak untuk memilih dalam perhelatan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kendari.

Akan tetapi, kata Zainal Abidin, suket juga merupakan alat untuk mengantarkan pemilih yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk bisa menyalurkan hak pilihnya.

“Punya suket bukan berarti mutlak untuk memilih, hanya saja itu merupakan syarat utama yang harus dimiliki pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT,”paparnya.

Zainal mengungkapkan, surat suara yang disiapkan KPU itu berdasarkan banyaknya DPT dan ditambah 2,5 persen dari total DPT itu sendiri. Sehingga, sambung Zainal, meski sudah punya suket tetap menyesuaikan dari surat suara yang ada.

Katanya lagi, KPU tetap berpegang teguh pada regulasi yang ada, karena itu pemilih yang punya suket dibebaskan memilih selama masih ada surat suara yang  tersisah.

“Kalau surat suara masih ada tentu yang punya suket bisa menyalurkan hak pilihnya,”ujarnya.

Editor : Hermawan Lambotoe

 

Komentar