Rakerwil NasDem Dihadiri 4 Cagub dan 1 Cawali, Tony: NasDem Punya Protap

Politik225 views
Suasana pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Partai NasDem/Foto: Benny

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang berlangsung di salah satu hotel di Kendari, terasa sangat spesial. Sebab, selain dihadiri dari Pengurus DPP, juga dihadiri langsung oleh para Calon Gubernur (Cagub) Sultra dan Calon Walikota (Cawali) asal Kota Bau-Bau.

Keempat calon gubernur itu ialah Lukman Abunawas, L.M. Syafei Kahar, Rusda Mahmud, dan Ali Mazi. Sementara jauh dari seberang pulau, ialah Walikota Bau-bau, A.S. Thamrin. Dengan hadirnya para kandidat Cagub dan Cawali, Ketua DPW NasDem Tony Herbiansyah mengatakan jika kedatangan mereka hanya sebatas mengikuti Rakerwil.

“Mereka itu kan hanya undangan mengikuti Rakerwil. Tapi kalau NasDem itu sudah punya protap yang jelas, bahwa setiap kandidat itu dilakukan survei. Nah survei itulah yang akan menjadi acuan. Setelah itu baru kita disukusikan. Antara semua komponen, termasuk DPW dan DPP. Dengan segala macam pertimbangan. Itu protapnya di NasDem,” terang Tony Tony Herbiansyah ditemui usai membuka Rakerwil NasDem Sultra, Minggu (12/3/2017).

Untuk saat ini, Tony mengungkapkan jika NasDem Sultra belum menentukan mengenai siapa yang akan diusung untuk semua level Pilkada. “Semua kandidat sudah berkomunikasi. Tapi untuk menentukan belum. Karena yang menentukan ialah survei,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan jika ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika nanti NasDem akan memutuskan mengusung salah satu kandidat.

“Pertama ialah elektabilitas, dan popularitasnya itu. Terus yang kedua, pertimbangan dikenal dan mengenal daerah. Kultur dan karakter masyarakat. Itu juga salah satu pertimbangan-pertimbangan, dan isu-isu yang lain,” jelas Tony.

Ketua DPW NasDem yang merupakan Bupati Kolaka Timur aktif menyatakan, jika semua kader NasDem akan satu komando memenangkan  kandidat yang dikeluarkan oleh Partai NasDem.

“Jadi banyak hal yang perlu kita pertimbangkan dalam hal mengusung kandidat di Pilgub dari Partai Nasdem. Dan ketika nanti siapa yang diusung NasDem, semua kader-kader mulai dari tingkat DPW, DPD, DPC, dan DPRa itu satu bulat, satu komando untuk memenangkan kandidat yang dikeluarkan partai NasDem, terang Tony.

Tony menegaskan jika semua anak bangsa, kader atau non kader, akan diprioritaskan ketika ingin menggunakan Partai NasDem sebagai kendaraan politiknya.

“Semua sama tidak mengenal kader dan non kader, pokoknya siapa yang terbaik dan diterima oleh masyarakat banyak, yah itulah. Kalau misalnya Ali Mazi bagus dan diterima oleh seluruh masyarakat, saya kira tidak ada yang menutup kemungkinan,” tegasnya.

Penulis : Benny Syaputra Laponangi

Komentar