Ronaldo Quat-trick, Portugal Gasak Lithuania 5-1

oleh -6 views

Foto: Ints Kalnins / Reuters

Kendari – Cristiano Ronaldo menginspirasi Portugal untuk menggulung tuan rumah Lithuania 5-1 di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Ronaldo menyumbang empat gol.

Lithuania menantang Portugal di laga Grup B yang digelar di Stadion Vilniaus LFF, Rabu (11/9/2019) dinihari WIB. Pesta gol Portugal dimulai saat pertandingan baru bergulir tujuh menit.

Kaongke-Ongkea Kopi Robusta

Ronaldo mengonversi hadiah penalti dengan mengirim Ernestas Setkus ke arah yang salah untuk mengubah skor menjadi 1-0. Tendangan penalti tersebut dihadiahkan kepada Selecao das Quinas usai handball Saulius Mikoliunas.

Keunggulan Portugal bertahan 20 menit. Lithuania mengejutkan Portugal usai mencetak gol penyama melalui Vytautas Andriukevicius setelah memaksimalkan umpan Mantas Kuklys. Skor 1-1 bertahan sampai jeda pertandingan.

Usaha Portugal kembali memimpin 2-1 di menit ke-61. Ronaldo melepaskan tembakan spekulasi dari jarak jauh namun tidak berbahaya. Setkus justru membuat blunder usai gagal melakukan tangkapan sempurna sehingga bola mengenai kepalanya sendiri sebelum masuk ke gawang Lithuania.

Keunggulan itu membuat Portugal tampil lebih percaya diri. Hanya empat menit kemudian, Ronaldo menandai penampilannya dengan hat-trick usai menyelesaikan crossing akurat Rafa Silva melalui sontekan dari jarak dekat.

Portugal menggadakan skor menjadi 4-1 di menit ke-76. Bernardo Silva memperoleh banyak ruang di belakang lini tengah Lithuania untuk menggiring bola ke depan. Pergerakan Bernardo diakhiri dengan umpan terobosan, yang membebaskan Ronaldo di depan sebelum diselesaikan dengan mudah oleh Ronaldo.

Unggul jauh tidak membuat serangan Portugal kendur. Akhirnya di masa injury time, Portugal berhasil melahirkan gol kelimanya dari William Carvalho, yang diawali dari situasi sepak pojok.

Dengan kemenangan ini, Portugal menempati posisi kedua klasemen grup usai mengoleksi 8 poin hasil empat pertandingan. Portugal masih tertinggal lima poin dari Ukraina yang memuncaki klasemen.

Susunan Pemain

LITHUANIA: Setkus, Palionis, Andriuskevicius, Girdvainis, Mikoliunas, Kuklys (Zulpa 69′), Slivka, Verbickas (Kazlauskas 78′), Simkus, Vorobjovas, Lukzemis (Petravicius 66′)

PORTUGAL: Rui Patrico, Jose Fonte, Cancelo, Guerreiro, Ruben Dias, William Carvalho, Ruben Neves, Bruno Fernandes, Bernardo Silva (Pizzi 90′), Ronaldo (Guedes 81′), Joao Felix

Sumber: detikcom