RSUD Bahteramas Siapkan Pencuci Darah

oleh -146 views

yusuf-hamra

KENDARI, PORTALSULTRA.COM- Dikutip dari penaaktual.com. Untuk mencegah pasien Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya Kota Kendari yang berobat keluar daerah untuk cuci darah, Rumah Sakit Umum Bahteramas Kendari, datangkan alat hemodialisis atau alat pencuci darah.

Direktur Umum (Dirut) RS Bahteramas, M. Yusuf Hamra mengatakan, saat ini hemodialisis tersebut telah bisa difungsikan sebagai mana mestinya.

“Jadi hemodialisis ini sudah digunakan pada beberapa pasien yang menderita gagal ginjal,” jelas Yusuf dihadapan awak media, Kamis (17/11/2016).

Ia melanjutkan, untuk pasien gagal ginjal pada tahap ringan dianjurkan untuk mencuci darahnya sekali dalam seminggu. Namun secara standar kata Yusuf, pasien gagal ginjal ini dianjurkan untuk mencuci darahnya selama dua kali seminggu.

Lebih lanjut ia mengatakan, gejala-gejala yang dirasakan pasien gagal ginjal adalah mual, muntah, nyeri otot, sesak nafas, sampai penurunan kesadaran.

Sementara untuk tenaga perawat pasien gagal ginjal RS Bahteramas saat ini berjumlah tiga orang dan merupakan tenaga-tenaga yang profesional dibidangnya.

“Untuk tenaga perawatnya satu orang dari Rumah Sakit Wahidin yang banyak mengambil pendidikan disana sedangkan yang dua orangnya banyak mengenyam pendidikan di RS Cikini Jakarta,” pungkasnya