Siap-siap Tahun Ini Rekrutmen CPNS Dibuka, Cek Formasinya Disini!

Nasional238 views
Ilustrasi

JAKARTA, PORTALSULTRA.COM – Meski kebijakan penghentian sementara atau moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih diberlakukan, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Kemenpan-RB) tetap akan membuka lowongan baru untuk beberapa formasi khusus pada tahun ini. Hal ini dibenarkan langsung oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur.

Asman menyebutkan bahwa ada beberapa formasi khusus yang benar-benar membutuhkan aparatur sipil yang baru. Formasi khusus itu di antaranya seperti petugas imigrasi, sipir, PNS spesialis pertambangan, serta hakim.

“Kuotanya masih kami hitung. Yang jelas memang benar-benar membutuhkan pengisian CPNS baru,’’ jelas Asman seperti dikutip dari jpnn.com, Minggu (23/4/2017).

Salah satu yang Asman contohkan ialah Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang sebentar lagi akan dibuka, sehingga membutuhkan penambahan petugas imigrasi. Ditambah lagi, lanjut Asman, ialah kebutuhan tenaga imigrasi di sejumlah daerah masih sangat dibutuhkan. Diantaranya seperti di pintu masuk Sumatera Utara, dimana pariwisatanya sedang dikembangkan. Begitu pula untuk formasi sipir, tenaga bidang pertambangan, dan hakim juga perlu ditambah.

Asman menambahkan, jika berkaca dari sebelumnya, ia tidak ingin lagi terjadi adanya penempatan PNS yang buka sesuai dengan kualifikasinya. Misalnya PNS yang berlatar belakang Satpol PP ditempatkan di Dinas Perhubungan. Sehingga khusus untuk pengisian ahli pertambangan, ia menginginkan harus diisi oleh pelamar yang sesuai dengan keahliannya.

Khusus untuk CPNS bidang Administrasi, Asman mengatakan tidak akan dibuka formasinya. Sebab menurutnya, saat ini sekitar 60 persen PNS yang ada merupakan tenaga administrasi. Sedangkan beban pekerjaannya tidak terlalu besar. ’’Kalau diamati, mereka itu banyak bekerjanya atau menganggurnya. Bisa dilihat sendiri,’’ jelasnya. (jpnn.com)

Penulis: Benny Syaputra Laponangi

Komentar