Sinergi Dinkes-IAI-Nusantara Sehat Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan di Bombana

oleh -212 views

Para tenaga kesehatan dari Dinkes Bombana, IAI, dan Nusantara Sehat. Foto: Istimewa.

Kendari – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bombana bekerja sama dengan PC Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Bombana dan Nusantara Sehat menggelar pelayanan kesehatan bergerak di Desa Akacipong, Kecamatan Poleang Selatan, Selasa (24/9/2019).

Sinergi para tenaga kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Beras Merah Tani Butuni

Pelayanan yang diberikan antara lain pengobatan, pemeriksaan kesehatan, penyuluhan tentang pengelolaan obat yang benar dengan sistem DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang) oleh Apoteker. Semuanya diberikan secara cuma-cuma yang disambut antusias oleh masyarakat setempat.

Baca juga: La Ode Rabiul Awal Pimpin IDI Sultra Periode 2019-2022

Foto: Istimewa.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan SDK Dinkes Bombana, Tarzan SKM, M.Sc menyampaikan bahwa, pelayanan kesehatan yang dilakukan selain memfasilitasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya, juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk datang ke Pusat Kesehatan Masyarakat, dimana mereka dapat memperoleh layanan kesehatan dan obat di tempat yang semestinya.

Foto: Istimewa.

“Masyarakat dan aparat desa berharap pelayanan semacam ini bisa dijadikan sebagai agenda rutin sehingga kebermanfaatanya semakin terasa,” katanya.

Ketua PC IAI Bombana, Muh. Alwi S.Si, Apt menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinkes Bombana sehingga dapat bekerja sama menyukseskan acara ini.

Foto: Istimewa.

“Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati hari farmasi sedunia yang jatuh pada 25 September. IAI akan turut berperan serta dalam peningkatkan layanan kesehatan di Kabupaten Bombana,” ungkapnya.

Foto: Istimewa.

Sementara itu, dr. Indah Pratiwi Azis selaku dokter Nusantara Sehat yang diberikan tugas khusus di Puskesmas Poleang Selatan, sangat senang dapat terlibat di kegiatan seperti ini.

“Saya bahagia bisa turut serta, lebih sering lebih baik,” imbuhnya.

bni/rls