Skuat Garuda Dilibas Thailand 0-3

oleh -9 views

Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Kendari – Indonesia kembali menelan kekalahan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Menjamu Thailand, Skuat Garuda kalah tiga gol tanpa balas.

Pada pertandingan kedua Grup G yang dihelat di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2019) malam WIB, Indonesia lebih banyak ditekan sepanjang pertandingan.

Kaongke-Ongkea Kopi Robusta

Meski berhasil mengimbangi Thailand tanpa gol di babak pertama, Indonesia kedodoran di babak kedua. Alhasil, Thailand mampu memberondong tiga kali gawang Indonesia lewat Supachok Sarachat (dua gol) dan penalti Theeraton Bunmathan.

Kekalahan kedua beruntun setelah takluk dari Malaysia pekan lalu membuat Indonesia terpuruk di posisi terbawah dengan nol poin. Thailand memuncaki klasemen dengan empat poin dari dua laga.

Jalannya pertandingan

Thailand mengambil inisiatif serangan sejak menit awal dan menekan pertahanan Indonesia. Meski mengurung tuan rumah, Thailand kesulitan menciptakan peluang bersih.

Indonesia justru membuat peluang berbahaya pertamanya pada menit ke-19. Diawali korner Andik Vermansah, bola mengarah ke Hansamu Yama di tiang jauh, tapi sepakannya masih melambung jauh.

Thailand membalas melewat Supachok Sarachat pada menit ke-25. Meski demikian, sepakannya bisa diamankan Andritany Ardhyasa. Dari situasi sepak pojok, Andritany melakukan blunder saat gagal meninju bola di udara.

Bola jatuh di kaki pemain Thailand dan beruntung ada Ruben Sanadi yang menghalau bola sepakan lawan itu.

Thailand relatif nyaman menguasai pertandingan sementara Indonesia sesekali mencari peluang lewat serangan balik. Satu kans emas didapat Irfan Bachdim pada menit ke-31 ketika mendapat umpan terobosan Andik.

Tinggal berhadapan dengan dengan kiper Thailand, Siwarak Tedsungnoen, bola sepakan Irfan masih bisa diadang. Thailand terus mencari gol dan mereka mendapat tendangan bebas di masa injury time.

Dari sisi kanan, bola sepakan bebas Theerathon Bunmathan mengarah langsung ke gawang tapi Andritany bisa mengadangnya. Meski dalam prosesnya itu, Andritany harus tumbang sesaat karena benturan dengan pemain Thailand.

Skor 0-0 menutup pertandingan babak pertama.

Masuk di babak kedua, Indonesia coba ambil inisiatif serangan untuk mencuri gol. Sayangnya, sepakan Beto di depan gawang meneruskan umpan tarik Andik masih belum menemui sasaran.

Kebuntuan akhirnya pecah juga pada menit ke-56. Supachok menemukan ruang tembak di depan kotak penalti dan melepaskan sepakan terukur ke pojok kiri gawang Andritany, Thailand memimpin 1-0.

Tujuh menit berselang, Indonesia dihukum penalti menyusul pelanggaran Andritany kepada Supachok. Theerathon Bunmathan dengan dingin menempatkan bola di pojok kanan atas tanpa bisa dijangkau Andritany.

Indonesia makin terbenam setelah Thailand mencetak gol ketiga pada menit ke-72. Diawali serangan balik Thailand yang membuat lini pertahanan Indonesia kocar-kacir, Theerathon mengakhirinya dengan umpan tarik dari sisi kiri dan disepak Supachok untuk mencatatkan brace di laga ini.

Saddil Ramdani yang masuk sebagai pemain pengganti punya kans memperkecil skor, tapi sepakannya dari depan gawang masih melayang di atas mistar.

Sivakorn Tiatrakul punya ruang tembak di depan gawang pada menit ke-80, tapi Ruben Sanadi dengan cepat mengadangnya dan amanlah gawang Indonesia.

Skor 3-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain

Indonesia: Andritany Ardhiyasa, Yustinus Pae, Yanto Basna, Hansamu Yama Pranata, Ruben Sanadi, Manahati Lestusen, Evan Dimas, Andik Vermansah (Saddil Ramdani 73′), Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim (Osas Saha 65′), Alberto Goncalves

Thailand: Siwarak Tedsungnoen, Theerathon Bunmathan, Pansa Hemviboon, Manuel Bihr, Tristan Do, Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, Phitiwat Sookjitthammakul, Ekanit Panya (Sivakorn Tiatrakul 77′), Supachai Jaided

Sumber: detikcom