Syarifuddin Siap Tarung di Pilkada Muna 2020

oleh -95 views

Syarifuddin. Foto: Istimewa.

Jakarta – Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Drs Syarifuddin MM, menyatakan kesiapannya untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Muna 2020 mendatang.

“Saya siap. Kalau sebelumnya masih ragu-ragu, saat ini sudah siap 100 persen. Sudah bulat,” ujar Syarifuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, Muna membutuhkan pemimpin yang memiliki visi besar dan jaringan luas baik di pemerintah pusat maupun pihak luar atau swasta. Sebab daerah kelahirannya ini tidak dapat dibangun hanya dengan mengandalkan APBD saja.

“Perlu koneksi luas di pemerintah pusat dan komunikasi yang terbuka dengan banyak pengusaha atau investor,” katanya. “Bagaimana mau buka lapangan pekerjaan kalau tidak ada yang mau dikerjakan. Malah saya dengar orang baru tanya-tanya potensi daerah, sudah dimintai dia dapat apa,” sambung Syarifuddin menyindir isu yang berhembus.

Pria yang lahir di Lakologou, Kecamatan Tongkuno, pada 13 Februari 1960 ini optimis mampu membawa perubahan yang lebih baik bagi daerah. Sebab niatnya bertarung sebagai Bupati Muna dengan rela meninggalkan jabatan penting di Kemendagri merupakan bentuk kepedulian serius bagi tanah ia dibesarkan.

“Pemerintah pusat saja mempercayakan kita memimpin Jawa Tengah yang penduduknya banyak seperti itu, dengan persoalan yang cukup ngeri. Masa kita tidak mau membangun daerah sendiri yang tidak sebanyak di sana. Apalagi kita mengurusi 548 kabupaten kota saat ini,” ujarnya.

Dia yakin, koneksi yang dimilikinya di jajaran pemerintah pusat lintas kementerian serta para investor nasional maupun internasional, dapat membantunya membangun Muna yang lebih maju.

Mengenai partai pengusung, Syarifuddin mengaku sudah membangun komunikasi politik yang intens dengan pengurus pusat maupun daerah. Setidaknya sudah ada dua sampai tiga yang memberi sinyal positif.

“Tidak usah dulu saya sebutkan, dua partai pun sudah cukup. Yang membuktikan nanti kan rekomendasi, bukan kepengurusan,” selorohnya lantas tersenyum.

Sebelumnya, Syarifuddin pernah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah pada 2018 lalu.

Untuk diketahui, daerah di Sulawesi Tenggara yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020 adalah Kabupaten Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Buton Utara, Wakatobi, dan Muna.

bni/bni