HomeKampusUHOTerkait Permasalahan FTIP, DPRD Provinsi Akan Panggil Pihak UHO

Terkait Permasalahan FTIP, DPRD Provinsi Akan Panggil Pihak UHO

UHO

Suasana hearing antara mahasiswa dan alumni FTIP UHO dengan Komisi IV DPRD Sultra. Foto: Tuthy.

Kendari – Sejumlah mahasiswa dan alumni Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar aksi di Gedung DPRD Provinsi Sultra, Selasa (28/11/2017).

Aksi tersebut dalam rangka menolak pengembalian FTIP ke fakultas sebelumnya, yakni Fakultas Pertanian dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

“Terbentuknya FTIP adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dari amanah nawa cita pemerintah. Akan tetapi dengan kebijakan dikembalikannya FTIP pada fakultas pemekarnya yakni Fakultas Pertanian dan FPIK, maka lebih cenderung mendiskreditkan upaya terwujudnya nawa cita tersebut”, ujar Koordinator Lapangan Aksi Muhammad Abas.

Lanjut Abas, surat keputusan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang memerintahkan pengembalian FTIP UHO ke fakultas pemekarnya telah menyimpang dari nawa cita Presiden RI.

Baca Juga: Dorong Semangat Kuliah UKM UKKI UHO Sukses Menggelar Seminar Akademik

“SK pengembalian fakultas FTIP pada fakultas pemekarnya secara dialektik telah menyimpang dari nawa cita presiden, serta memenggal peluang masyarakat Sultra untuk berproses di dalam kemandirian sosial ekonomi berbasis teknologi industri pertanian,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sultra Muhammad Jafar, mengungkapkan pihaknya akan melayangkan surat pemanggilan ke pihak kampus untuk mengklarifikasi terkait aspirasi mahasiswa dan alumni FTIP.

“Kami akan segera melakukan rapat dengar pendapat dengan pihak UHO terkait aspirasi yang adik-adik sampaikan. Dalam waktu dekat ini kami bersurat ke UHO. Jika tidak direspon maka kami akan bersurat langsung kepada Kemenristek Dikti,” pungkasnya.

Reporter: Tuthy
Editor: Benny Laponangi