Tim Litbang Kementan Lakukan Pendampingan Teknologi SUT Kakao

oleh -139 views

Tim Litbang Kementan memberikan arahan tentang tata cara pemangkasan yang tepat sasaran dan tepat waktu kepada petani kakao di Kecamatan Angata, Konsel. Foto: istimewa.

Konawe Selatan – Tim Litbang Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan pendampingan Sistem Usaha Tani (SUT) kepada petani kakao di Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Pendampingan ini dalam rangka persiapan gelar teknologi dan panen raya Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39, Kamis (4/7/2019).

Hadir dalam kegiatan ini, Tim Litbang Kementan yang diwakili oleh Prof. Dr. Ir Rubiyo, M.Si dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Dr. Bariot Hafif dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Dr. Baharuddin, Agus Salim MP, Imran MP, dan Aliqadri dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sultra, beserta penyuluh dan petani di Kecamatan Angata.

Beras Merah Tani Butuni

Baca juga: Sultra Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia ke-39

Foto: istimewa.

Tim Litbang Kementan Prof. Dr. Ir. Rubiyo, M.Si memberikan coaching sebelum turun kelapangan kepada penyuluh dan petani tentang pentingnya pemangkasan yang tepat sasaran dan tepat waktu untuk mendapatkan hasil maksimal pada tanaman kakao. Untuk meningkatkan hasil panen kakao dapat dilakukan melalui pemupukan yang tepat waktu, tepat sasaran, dan berimbang.

Baca juga: Litbang Kementan Siap Sukseskan Hari Pangan Sedunia ke-39 di Sultra

Dari kegiatan ini, Litbang Kementan berharap penyuluh dan petani dapat melakukan dengan baik, sehingga dapat menghasilkan performans kakao yang terbaik, untuk menjadi objek pada kegiatan gelar teknologi dan panen raya HPS ke-39.

Foto: istimewa.

Sebelumnya, pada Rabu (3/7) dilakukan rapat koordinasi pelaksanaan gelar dan panen raya teknologi HPS di Kantor Camat Angata, yang dipimpin oleh Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga, dihadiri Sekda Konsel, Balitbangtan BPTP Sultra, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra, Ketua DPRD Konsel, Kapolres Konsel, Danramil, SKPD/OPD Pemda Konsel, Camat Angata, Kepala Desa se-Kecamatan Angata, dan Masyarakat Desa Pudambu.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan, Balitbangtan BPTP Sultra Gelar Public Hearing

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Perkebunan dan Hortikultura Sultra, Dr. Yesna Suarni M.Sc, menyampaikan kronologis terpilihnya Angata sebagai tuan rumah gelar teknologi dan panen raya serta beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam HPS nanti.

Rakor pelaksanaan gelar teknologi dan panen raya HPS di Kantor Camat Angata, yang dipimpin Bupati Konsel Surunuddin Dangga. Foto. istimewa.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra diwakili Kepak Seksi KsPP Dr. Abdul Wahab, SP, MP, menjelaskan persiapan pelaksanaan gelar teknologi dan panan raya tanaman kakao serta pembentukan kelompok kerja yang akan membantu dalam persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Bupati Konsel Surunuddin Dangga memberikan arahan untuk suksesnya gelar teknologi dan panen raya HPS. Ia berharap seluruh SKPD/OPD mengambil peran sesuai tupoksinya dan segera melakukan koordinasi untuk perbaikan infrastruktur jalan dan listrik, serta adanya peran Kepala Desa Pudambu dan Penyuluh Kecamatan Angata untuk melakukan pembinaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan survey lokasi serta sentuhan teknologi pada areal tanaman kakao untuk persiapan pelaksanaan gelar teknologi dan panen raya. (Adv)