Tingkatkan Kapasitas Penyuluh se-Kabupaten Bombana, Balitbangtan BPTP Sultra Lakukan Bimtek

oleh -34 views

Bimbingan teknis penyuluh pertanian daerah Kabupaten Bombana. Foto: Dok. Istimewa

Bombana – Balitbangtan BPTP Sultra melaksanakan bimtek peningkatan kapasitas penyuluh pertanian daerah. Kegiatan bimtek bertempat di BPP Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana yang diikuti 30 orang penyuluh se-Kabupaten Bombana, Senin (14/10/2019).

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Bombana Ir. Sarman mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Balitbangtan BPTP Sultra yang telah menempatkan penyelenggaraan bimtek di Bombana.

Beras Merah Tani Butuni

“Kegiatan bimtek ini sangat bermanfaat bagi penyuluh, baik untuk peningkatan profesionalisme dalam menjalankan tupoksinya maupun peningkatan karier sebagai penyuluh,” kata Sarman.

Foto: Dok. Istimewa

Koordinator Fungsional Balitbangtan BPTP Sultra, Ir. Muhammad Rusman, MP., menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah Bombana melalui Dinas Pertanian yang telah memfasilitasi terselenggaranya bimtek.

“Harapannya dengan kegiatan bimtek ini, para penyuluh lebih memahami tentang tupoksi kerja serta mengetahui inovasi teknologi tentang budidaya padi, karena Kabupaten Bombana merupakan salah satu daerah penghasil beras di Sultra,” ujar Rusman.

Materi pada kegiatan bimtek terdiri atas:

1. Inovasi teknologi pengendalian wereng, blas, dan penggerek batang pada tanaman padi (Samrin, S.P.).

2. Manajemen pemberian pakan dan manajemen perkawinan pada ternak sapi (La Wangi, S.Pt, M.Pt).

3. Pemberkasan dan pengusulan daftar usulan pengajuan angka kredit (dupak) berbasis daring (Muh. Adlan Larisu, SH., SP., M.Si) dengan narasumber berasal dari Balitbangtan BPTP Sultra.

bni/adv