Turunkan Total Fertility Rate, BKKBN Genjot Peran Duta Genre

Sultra Raya349 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Dalam rangka menurunkan Total Fertility Rate, BKKBN menggenjot peran serta duta generasi berencana (Genre) untuk membantu menyosialisasikan program KKBPK di kalangan remaja.

“Momentum duta genre sangat diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya peran generasi muda agar dapat merencanakan segala sesuatu secara matang, termasuk dalam hal usia pernikahan,” ungkap Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Ali Ismail usai melantik duta genre Sultra 2017, Senin malam (24/4/2017).

Berdasarkan hasil survei indikator kinerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) program Kependudukan dan Keluarga Berencana menunjukkan bahwa usia pernikahan di usia muda termasuk di Sultra masih sangat tinggi.

Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Ali Ismail saat melantik Duta Genre Sultra tahun 2017

Padahal, sesuai kampanye BKKBN, usia menikah ideal bagi perempuan minimal 21 tahun dan pria minimal 25 tahun. Dengan alasan usia tersebut menunjukkan kematangan biologis, psikologis dan fisik.

“Program Genre meliputi substansi katakan tidak pada nikah dini, katakan tidak pada seks pra nikah dan katakan tidak pada penyalahgunaan NAPZA,” ujarnya.

Program Genre sendiri adalah program yang dikembangkan dalam rangka membantu menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja, agar mereka mampu menempuh jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh rencana sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Penulis: Ajmain Yusdin

Komentar