Virus Corona Tidak Surutkan Semangat Petani Desa Kaloloa Panen Padi

oleh -292 views

Panen padi kelompok tani Setia Kawan 2 Desa Kaloloa Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka. Foto: Istimewa.

Kolaka – Di tengah merebaknya virus Corona atau Covid-19 yang begitu massif, tidak mengurangi semangat petani di Desa Kaloloa Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka, untuk tetap giat turun ke sawah melakukan panen padi, Sabtu (28/3/2020).

Panen diikuti oleh Kepala BPP Samaturu, Penyuluh, dan Kelompok Tani Setia Kawan 1 dan 2 serta Kelompok Tani Sama Enre 2 Desa Kaloloa.

Menurut Kepala BPP Samaturu H. Suharso, dengan adanya virus Corona tidak menyurutkan petani untuk melakukan panen. Luas lahan yang dipanen sebesar 105 ha dari total luas sawah 1.733 ha. Varietas yang dipanen yaitu Cisantana dan Inpari 8 dengan produktivitas rata-rata 6,2 ton per ha GKP.

“Untuk panen saat ini mengalami penurunan dibandingkan panen sebelumnya, dimana hal ini disebabkan karena adanya serangan hama seperti penggerek batang,” kata Suharso.

Sementara itu, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BPP Samaturu bersama Kelompok Tani Desa Kalaloa yang telah melaksanakan panen padi.

“Hal ini menandakan bahwa pertanian di Sultra tetap dapat berproduksi dan ketersediaan pangan dapat terjaga,” kata Muhammad Sidiq.

“Panen akan terus berlangsung dan kita optimis angkanya bisa meningkat pada bulan berikutnya, meski saat ini situasinya seperti yang kita ketahui besama,” sambungnya.

Ketua Kelompok Tani Setia Kawan  mengatakan bahwa cara tanam yang diterapkan petani yaitu atabela.

Menurutnya, produksi padi sawah masih berpeluang ditingkatkan dengan melakukan pencegahan hama penyakit serta dukungan ketersediaan benih dan pupuk dengan jumlah dan waktu yang tepat.

bni/bni