Wali Kota Kendari Terima Kunjungan Finalis Duta Wisata Analuale Anandonia 2019 

oleh -456 views

Wali Kota Kendari Sulkarnain bersama Finalis Duta Wisata Analuale Kota Kendari 2019. Foto: Humas Pemkot Kendari.

Kendari – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, menerima kunjungan 22 finalis Duta Wisata Analuale Anandonia Kota Kendari 2019, di Kantor Wali Kota Kendari, Kamis (28/3/2019).

Sulkarnain mengatakan saat ini waktunya para generasi muda untuk menunjukkan karya terbaik bagi kepentingan orang banyak.

Ia juga menantang para finalis untuk menunjukkan karyanya yang bisa bermanfaat bagi kota Kendari. Salah satu contoh mungkin bisa membuat sebuah pertunjukkan yang seluruhnya menggunakan bahasa daerah Tolaki. Atau bisa juga membuat komunitas cinta bahasa Tolaki.

Wali Kota Kendari Sulkarnain bersama Finalis Duta Wisata Anandonia Kota Kendari 2019. Foto: Humas Pemkot Kendari.

“Saya nantang apa yang mau dilakukan para finalis tentunya berfikir kreatif, saya tunggu setelah kontestasi ini. Sebulan setelah ini saya tunggu idenya, kalau itu bisa jadi kebijakan saya garansi ide itu jadi kebijakan,” ujarnya.

Wali kota juga meminta para finalis terus mengambil peran sebagai pelaku, bukan hanya sebagai penonton. Seperti terlibat dalam pemilihan duta wisata ini merupakan peluang untuk mendedikasikan diri mengembangkan budaya dan wisata Kota Kendari.

Sulkarnain menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Kota Kendari untuk mempertahankan budaya dan tradisi yang ada di Kota Kendari agar tetap lestari dan dikenal hingga kemancanegara. Seperti membuat Perda tentang budaya Suku Tolaki di Kota Kendari, membuat keputusan wali kota tentang corak tenunan khas Kota Kendari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain bersama Finalis Duta Wisata Analuale Anandonia Kota Kendari 2019. Foto: Humas Pemkot Kendari.

“Ada perda yang sedang dibahas tentang budaya suku tolaki di Kendari, Pemerintah kota juga mengimbau restoran dan rumah makan menyediakan sinonggi, kami juga meminta pihak hotel memperkenalkan tenun khas Kota Kendari, kedepan nanti gedung kantor Wali Kota Kendari akan didesain menggunakan unsur etnis Tolaki,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kendari, Sasriati, mengatakan bahwa pertemuan antara Wali Kota Kendari dengan para finalis duta wisata Luale Anandonia ini merupakan bentuk pengakuan dan dukungan pemerintah pada duta wisata, serta motivasi bagi para finalis untuk memperkenalkan Kota Kendari.

“Saat ini sudah memasuki tahapan akhir, hari ini agendanya city tour, ketemu wali kota, kunjungan ke media, bank, dan kesejumlah objek wisata,” ungkapnya.

Rencananya grand final dan malam penganugerahan pemilihan duta wisata Luale Anandonia Kota Kendari 2019 akan dilakukan pada 31 Maret mendatang.

Penulis: Benny Laponangi
Sumber: Humas Pemkot Kendari