Walikota Kendari dan Walikota La Rochelle Jalin Kerjasama di Bidang Kemaritiman

Metro380 views
Walikota Kendari, Asrun (kanan) dan Walikota La Rochelle, Jean Francous Fountaine usai mendatangani kerjasama antara Pemkot Kendari dan Pemkot La Rochelle di Jakarta, Rabu (29/3/2017)/Foto: Humas DKP RI

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Pemerintah Kota La Rochelle-Prancis dan Pemerintah Kota Kendari-Indonesia menjalin kerjasama dibidang kemaritiman. Kerjasama ini merupakan bagian dari kerjasama antara Indonesia dan Prancis yang ditandatangani langsung di Istana kepresidenan Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Penandatanganan kesepakatan tersebut dihadiri pula oleh Wali Kota La Rochelle, Jean Francous Fountaine dan Wali Kota Kendari, Asrun yang disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Prancis Francois Hollande.

Wali Kota Kendari, Asrun saat berada di Jakarta mengatakan, kerja sama Kota La Rochelle dan Kota Kendari merupakan bagian dari 34 kesepakatan yang ditandatangani oleh pemerintah Indonesia dan Prancis.

“Kerja sama ini sudah lama digagas dengan cara kunjungan wakil wali kota La Rochelle di Kendari beberapa waktu lalu dan kunjungan jajaran pemkot Kendari ke Kota La Rochelle,” katanya.

Kesepakatan itu akan terwujud dalam bentuk hubungan kerja sama sister city (kota kembar) antara Pemkot La Rochelle dan Pemkot Kendari.

Menurut Asrun, dipilihnya Kota Kendari sebagai kota kedua yang bekerja sama dengan Pemkot La Rochelle karena dianggap bahwa kondisi geografis Kota Kendari sangat mirip dengan wilayah La Rochelle.

“Pemerintah Kota La Rochelle tertarik untuk menjalin kerjasama dan membantu program-program yang sampai saat ini belum terlaksana secara maksimal,” katanya.

Penulis    : Ajmain Yusdin

Komentar