Wiranto Sambut Baik Rencana HPN 2020 di Papua

oleh -122 views

Menko Polhukam Wiranto bersama rombongan pengurus PWI Pusat yang dipimpin Ketua Umum PWI Atal S Depari. Foto: Istimewa

Kendari – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengapresiasi rencana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 digelar di Papua.

“Rencana yang sangat bagus, dan tentu mewakili pemerintah saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi rencana PWI untuk HPN 2020 di Papua,” kata Menko Polhukam Wiranto, di Jakarta, Senin (5/8) yang ditulis, Selasa (6/8/2019).

Pernyataan Wiranto ini disampaikannya usai beraudiensi dengan jajaran PWI yang dipimpin Ketua Umum Atal S Depari dan Sekjen Mirza Zuhaldi terkait rencana peringatan HPN 2020.

Dalam pertemuan ini, selain Ketua Umum dan Sekjen dari PWI, hadir juga Suprapto (Wakil Sekjen), Peter F Gontha, dan Asro Kamal Rokan sebagai anggota Dewan Kehormatan PWI.

Menko Polhukam Wiranto menerima rombongan pengurus PWI Pusat yang dipimpin Ketua Umum PWI Atal S Depari, di kantornya Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2019). Atal S Depari dkk. melaporkan rencana pelaksanaan peringatan HPN 2020 di Papua. Foto: Istimewa.

Menko Polhukam mengaku meski penyelenggaraan HPN di Papua memerlukan biaya yang besar, tetapi jika bisa kerja sama dengan topangan berbagai pihak pasti semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Wiranto juga berharap penyelenggaraan HPN di Papua sangat penting dari sisi kewilayahan.

“Tentunya untuk menjaga aspek persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, sejak Sumatra Utara mengundurkan diri dari rencana awal pelaksana HPN 2020, PWI Pusat langsung mengelar rapat dan hasil rapat sepakat HPN 2020 dilaksanakan di Jayapura, Papua.

Depari menambahkan, pemilihan Papua sebagai tuan rumah HPN 2020 merupakan inisiatif dari PWI untuk menunjukkan kepada dunia mengenai realitas yang terjadi di wilayah itu.

“Kami ingin menunjukkan kepada dunia. Mungkin melalui event pers nasional itu, HPN, bahwa Papua itu tidak seperti yang digambarkan selama ini,” katanya.

“Papua saat ini sudah terbuka,” lanjut Atal.

Ajang HPN selain dihadiri wartawan dari seluruh Indonesia, gema HPN juga akan mendunia karena akan dihadiri oleh beberapa wartawan dari negara sahabat.

Sementara itu, menanggapi rencana HPN 2020 di Papua, Ketua PWI Sultra, Sarjono, menyarankan agar HPN dirangkaikan dengan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020.

Hal ini, kata Sarjono, mengenai efisiensi waktu dan pembiayaan. “Oleh karena itu, perlu pertemuan atau rakor PWI se-Indonesia setelah 17 Agustus atau rakor disesuaikan dengan jadwal Mukernas IKWI di Jakarta,” pungkasnya.

bni/bni