Inilah Sederet Nama Anggota DPRD Yang Gagal Melenggang Jadi Bupati/Walikota di Sultra

Politik558 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM Satu per satu anggota DPRD lingkup Sultra tumbang. Pasca diberlakukan aturan, wajib bagi anggota DPRD untuk meninggalkan jabatannya jika maju dalam perhelatan Pilkada.

Periode 2015 hingga saat ini tercatat 10 orang anggota DPRD yang mencoba peruntungan masuk dalam arena Pilkada, akan tetapi kalah. Berikut Namanama anggota DPRD yang gagal melenggang jadi Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota.

Muhammad Endang : Ketua Partai Demokrat ini maju menjadi calon Bupati di daerah asalnya yakni Kabupaten Konawe Selatan. Meninggalkan jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD Sultra, Endang maju dan bertarung sesama anggota DPRD Sultra. Adalah Surunudin petarung sejati, menghentikan langkah Endang untuk duduk di kursi nomor wahid Konsel.

La Pili : Tampil mendampingi La Ode Baharudin, La Pili meninggalkan kursi DPRD Sultra. Bukan tanpa perhitungan, pasalnya, La Pili berpasangan dengan Incumbent, sedikit menambah kepercayaan diri. Namun, sayang Pilkada yang diikuti La Pili merupakan Pilkada yang cukup dramatis. Bahkan dua kali dilakukan pemungutan suara ulang.

Wahyu Ade Pratama : Putra mantan Bupati Konsel Imran ini maju di Pilkada Kolaka Timur. Meninggalkan kursi wakil Ketua DPRD Sultra. Bertarung dengan Plt. Koltim Toni Herbiansyah. Hasilnya, Wahyu kalah telak.

Abdul Rasak : Ketua DPRD Kota Kendari meninggalkan kursi empuk di DPRD. Meski tak mendapatkan dukungan dari partai asalnya yakni PAN. Rasak maju melalui pintu Golkar dan Nasdem. Di Pilwali, Rasak bertemu dengan sesama rekan partainya sekaligus anak Walikota Kendari, Adriatma Dwi Putra. Berdasrkan hasil C1 KPU Kendari, Rasak terpaut 4 persen dari rivalnya yakni ADP.

Suri Sahriah Mahmud : Istri Ketua Demokrat Sultra ini maju membersamai Muhammad Zayat Kaimoeddin di Pilwali Kendari. Meninggalkan kursi di DPRD Kota Kendari maju bertarung, akan tetapi dari hasil perolehan suara, pasangan Derik-Suri menempati urutan terakhir.

Farid Bachmid : Maju untuk menantang Umar Samiun, Farid Bachmid justru tak mendapatkan dukungan 20 persen suara di DPRD Buton. Cukup dramatis, meski tidak mendaptkan dukungan, akan tetapi Farid Bachmid sudah melakukukan pengunduran diri sebagai anggota DPRD Buton.

Saleh Ganiru : Maju di Kabupaten Buton Tengah, Saleh Ganiru berpasangan dengan mantan Plt. yakni Mansur Amila. Dari hasil hitung data C1 KPU Buton Tengah, pasangan ini tertinggal jauh dari rivalnya Samahudin-La Ntau.

Idul Fitri : Anggota DPRD Kolaka Timur ini mengundurkan diri dan maju bertarung di Pilkada Koltim. Namun, sayang Idul dihentikan langkahnya oleh Toni Herbaiansyah

Farida : Farida maju bertarung di Pilkada Koltim. Anggota DPRD Koltim ini senasib dengan rekannya Idul Fitri. Langkah farida dihentikan oleh Toni Herbiansyah.

Muhammad Syawal : Anggota DPRD Wakatobi ini maju membersamai Haliana di Pilkada Wakatobi tahun 2015. Muhammad Syawal bertarung dengan Arhawi-Ilmiati Daud.

 

Penulis : Hermawan Lambotoe

Komentar