Mendadak Lakukan Pendataan Alumni, Benarkah Selama Ini UHO Tidak Miliki Database? Ini Jawaban UPT TIK (Bagian 1)

UHO391 views
Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO)/Foto: MHMMD

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Menyusul surat pengumuman No 434/UN29.23/PP/2017 yang dikeluarkan oleh UPT TIK, yang meminta kepada seluruh alumni lingkup Universitas Halu Oleo (UHO) yang tidak terdaftar di PDDikti, agar melakukan pengumpulan berkas/dokumen, menimbulkan pertanyaan, apakah selama ini UHO tidak memiliki data base, sehingga harus kembali melakukan pendataan alumni.

“Jadi begini, terkait dengan pendataan alumni yang tidak terdaftar di PDDikti itu berdasarkan pertimbangan atau beberapa alasan. Yang pertama, hampir setiap hari, kita itu didatangi oleh alumni yang ingin menggunakan ijazahnya baik itu untuk naik pangkat, maupun untuk mencari pekerjaan di instansi swasta. Mereka tidak bisa menggunakan ijazahnya karena mereka tidak terdaftar di PDDikti. Hampir setiap hari kita melayani seperti itu,” ungkap Kepala UPT TIK UHO Abdi, Jumat (31/3/2017).

Kedua kata Abdi, UPT TIK menemukan adanya ribuan mahasiswa yang tidak terdaftar di PDDikti. “Kita temukan di dalam database PDDikti, itu kurang lebih untuk angkatan 2000 sampai dengan 2011, itu ada mahasiswa kita kurang lebih 17.454 orang yang dalam asumsi kita, mereka pada rentang angkatan ini, sampai dengan 2017, yang angkatan 2011 saja, berarti sudah kuliah kurang lebih selama 5 tahun. Itu harusnya mereka sudah selesai. Nah, artinya ada jumlah mahasiswa sebanyak itu yang seharusnya statusnya lulus, tetapi di PDDikti terdata aktif. Itu alasan yang kedua,” kata Abdi.

Selanjutnya, ia berharap dengan adanya pendataan, dapat diketahui jumlah alumni yang tidak terdata di PDDikti. “Ketiga, kita berharap dengan adanya pendataan ini, kita bisa mengetahui, berapa sebenarnya jumlah alumni kita yang tidak terdata di PDDikti. Itu menjadi penting karena kita butuh data seperti itu,” harapnya.

Alasan keempat sambung Abdi, dengan adanya pendataan, masyarakat dapat mengetahui adanya situs PDDikti. “Keempat, kita berharap dengan pendataan kembali ini, masyarakat itu bisa tau dengan adanya Forlap. Jadi mereka bisa mengecek langsung, terkait legalitas seorang mahasiswa maupun seorang sarjana,” paparnya.

Jadi pada inti dari sikap UPT TIK melakukan pendataan alumni, tambah Abdi, ialah adanya sejumlah alumni yang hampir setiap hari mempertanyakan ketidak terdaftarannya di PDDikti.

“Intinya sebenarnya, karena karena hampir setiap hari kita istilahnya disibukkan dengan alumni yang tidak terdaftar di PDDikti, daripada kami melayani setiap hari, ada satu dua sampai dengan sepuluh mahasiswa. Alangkah baiknya kita umumkan ke publik. Siapa yang tidak terdaftar di PDDikti, silakan mendaftar,” tambah Abdi.

Sehingga pengumuman yang dikeluarkan UPT TIK, sebenarnya ditujukan hanya kepada mereka yang tidak terdaftar di PDDikti. “Makanya sebenarnya, pengumuman itu ditujukan kepada alumni yang tidak terdaftar,” pungkasnya.

Bagian 2

Reporter: LM. Ady Marlan
Editor: Benny Syaputra Laponangi

Komentar