Dua Siswa MAN IC Kendari Juara Olimpiade Bahasa Arab Nasional Tingkat Provinsi

oleh -329 views

Foto bersama 2 siswa juara OBA didampingi Kaprodi B. Arab IAIN Kendari dan anggota F-MGMP B. Arab Provinsi. Foto: Kemenag Sultra.

Kendari – Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Nasional tingkat provinsi yang digelar Sabtu (3/8) lalu berbuah manis bagi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari.

OBA nasional tingkat provinsi yang sudah masuk tahun ke-3 ini digelar di Aula mini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari. Bersama dengan kegiatan OBA tersebut, juga dirangkaikan dengan pertemuan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dua orang siswa MAN IC Kendari yang pada April lalu dinyatakan lolos mewakili Sultra ditingkat provinsi mampu mempertahankan trend juara. Siswa tersebut atas nama Audy Aqshal Afandi merebut juara 1 dan La Ode Muh. Al-Falaq Bangkit Sanjaya merebut juara 2 sesuai dengan surat keputusan pengumuman panitia pusat yang diterima secara daring oleh pihak panitia provinsi.

Ditempat yang sama, pembimbing mapel Bahasa Arab MAN IC yang juga Panitia Provinsi, Agustan, mengatakan, OBA yang digelar di tahun ke-3 kali ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana MAN IC Kota Kendari hanya menjadi pemain tunggal. Jadi persainganpun hanya terjadi diantara siswa MAN IC saja.

“Kendati demikian bukan berarti bahwa mereka bersantai saja dalam lomba ini, namun tetap saja persaingan diantara mereka begitu terasa,” kata Agustan yang dikuti dari laman Kemenag Sultra, Selasa (6/8/2019).

Mantan Humas MAN IC itu berharap agar pada tahun berikutnya banyak sekolah ataupun madrasah bisa menjadi partisipan di OBA. Menurutnya, event ini sudah dia promosikan kepada para guru Bahasa Arab lainnya, namun belum mendapat respon positif.

OBA kali ini digelar secara daring dan serentak diseluruh provinsi dan dirangkaikan dengan pertemuan F-MGMP Bahasa Arab bahkan digelar juga Konferensi Bahasa Arab di sebagian daerah. Dan untuk diketahui bahwa, partisipan dari sekolah dan madrasah selalu meningkat tiap tahunnya.

Berdasarkan aturan OBA, siswa yang juara nantinya akan mewakili provinsi ketingkat nasional yang rencananya akan digelar pada November mendatang.

bni/bni