SMPIT Al Qalam Kendari Komitmen Kembangkan Kemampuan Literasi Siswa

oleh -318 views

Kegiatan literasi yang berlangsung di SMPIT Al Qalam Kendari. Foto: Istimewa.

Kendari – Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al Qalam Kendari berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan melaksanakan program pengembangan literasi dengan kegiatan membaca dan menulis yang ditujukan untuk para siswa, Jumat (27/9).

“Tujuannya adalah pertama menambah wawasan dan pengetahuan siswa dalam dunia literasi. Kedua, menumbuhkan minat baca dengan diwajibkan membawa buku bacaan ke sekolah sekaligus menyediakan buku bacaan bagi siswa. Ketiga, mengembangkan keterampilan menulis siswa dengan ciri khasnya masing-masing,” kata Guru Pendidikan Bahasa Indonesia SMPIT Al Qalam, Imran, Minggu (28/9/2019).

Hasil akhir dari kegiatan literasi ini, lanjut Imran, akan dipilih 10 penulis terbaik dari siswa dan karyanya akan di publikasi ke media massa.

“Pengembangan literasi melalui kegiatan membaca dan menulis menjadi penting bagi siswa-siswi SMPIT Al Qalam untuk mengembangkan wawasan berpikir dan untuk melatih kemampuan menulis opini dan gagasan,” ungkapnya.

Baca juga: SMPIT Al Qalam Kendari Juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kota Kendari

Foto: Istimewa.

“Dengan maraknya penggunaan gawai saat ini dan telah menggeser minat untuk membaca buku maka kami berharap semoga dengan adanya kegiatan ini siswa tetap dapat mengimbangi pencarian informasi melalui gawai dan yang didapatkan melalui membaca buku,” lanjutnya.

Alumni FKIP Universitas Halu Oleo itu berharap, dengan adanya kegiatan tersebut para siswa mampu menghasilkan karya berupa tulisan yang bermanfaat bagi pembacanya. 

“Melalui kegiatan ini kelak siswa-siswi SMPIT Al Qalam memiliki budaya membaca yang baik dan memiliki kemampuan menulis yang mumpuni dimanapun nanti mereka berada,” harapnya.

“Semoga dengan kemampuan yang dimiliki tersebut akan membantu menumbuhkan budaya literasi dimasyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya.

bni/rls