Equinox, Apakah Terjadi di Sultra Hari Ini? Ini Penjelasan BMKG

Sultra Raya266 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Isu terkait equinox saat ini sedang  hangat dibicarakan dibelahan bumi Indonesia, tidak ketinggalan untuk Wilayah Sultra. Fenomena equinox merupakan fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik terjadi dua kali dalam setahun.

Bagaimana untuk wilayah Sultra apakah peristiwa equinox akan terjadi? Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Kendari Adi Istyono, menyampaikan peristiwa equinox itu posisi matahari tepat berada di equator.

“Jadi peristiwa equinox itu posisi matahari tepat berada di equator,”terang Adi saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (21/3/2017).

Posisi wilayah Sultra yang berada disebelah selatan, kata Adi, akan minim peluang untuk terjadi. Sehingga pengaruh equinox memang ada tapi tidak terlalu signifikan daripada posisi daerah yang di utara atau tepat berada di equator.

“Wilayah kita berada disebelah selatan, sementara untuk fenomen equinox itu terjadi pas di equator. Kalau seperti daerah Pontianak yang berada pas digaris equator, mungkin fenomena equinox ada,”ujarnya.

Jadi, sambung Adi, peristiwa equinox itu bukanlah hal yang menakutkan, apa yang beredar dimedia sosial itu lebih bersifat hoax.

Penulis: Hermawan Lambotoe

Komentar