PPIH Sultra Gelar Rakor, Pemulangan Perdana Jemaah Haji pada 4 September 2019

oleh -45 views

Rakor PPIH Sultra terkait persiapan pemulangan jemaah haji 2019. Foto: Kanwil Kemenag Sultra

Kendari – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan pemulangan jemaah haji asal Sultra yang tergabung dalam Kloter 23, 24 dan 25, 26, 28, 30 embarkasi UPG-Makassar.

Rakor dipimpin Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sultra Abdul Kadir, bersama Asisten I Setda Provinsi Sultra Sarifuddin Safaa, dan Kasi Akomodasi, Transportasi, dan Perlengkapan Haji, Erna Kemalaraden.

Dihadapan peserta rapat, Abdul Kadir mengatakan, pertemuan ini dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji 1440 H/2019 M, khususnya teknis persiapan pemulangan jemaah haji asal Sultra.

Meski begitu, ia menegaskan perlunya sinergitas terhadap langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh PPIH agar penyambutan jemaah haji dari embarkasi Makassar ke daerah asal masing-masing tetap terjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanannya.

“Pemulangan perdana jemaah haji Sultra adalah kloter 23-UPG asal Kota Kendari melalui Bandara Haluoleo pada tanggal 4 september 2019, yang rencananya akan diterima secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Tenggara langsung di atas pesawat sesaat setelah kedatangan jemaah di bandara, selanjutnya diarahkan ke Asrama Haji untuk transit,” kata Abdul Kadir yang dikutip dari laman Kemenag Sultra, Kamis (15/8/2019).

Terkait transportasi jemaah haji Sultra dari embarkasi Makassar, lanjut Kakanwil, menggunakan jalur udara yang terdistribusi melalui empat bandara.

“Untuk jemaah haji Kota Kendari, Konsel, Konawe, Konut, Konkep, Bombana, Buton Utara, Koltim, dan Wakatobi melalui Bandara Haluoleo di Kendari,” ungkapnya.

“Sedangkan jemaah haji Kabupaten Muna dan Mubar melalui Bandara Sugimanuru. Jemaah Haji Kota Baubau, Buton, Buton Selatan, dan Buton Tengah melalui Bandara Betoambari dan jemaah haji Kolaka melalui Bandara Sangia Nibandera,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Sultra Sarifuddin Safaa mengatakan, perlunya peningkatan kualitas pelayanan berdasarkan evaluasi yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Harapannya, bersama-sama melakukan pembenahan sehingga pelaksanaannya berjalan lancar dan aman,” terangnya.

Turut hadir dalam rakor, Lanud Haluoleo Kendari, Perhubungan Udara, Polda Sultra, Kejaksaan Tinggi Sultra, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kendari, Dinas Kesehatan Sultra, Satpol PP Sultra, Denpom Kendari, Kepala Kantor Kemenag kab/kota, dan seluruh PPIH kab/kota se-Sultra.

bni/nag