Jagoan Sains Sekolah Dampingan SLI Konsel Lanjut Babak Semifinal OSK 2019

oleh -289 views

Para jagoan sains dari sekolah dampingan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Konawe Selatan melangsungkan Olimpiade Sains Kuark pada babak semifinal. Lomba ini dilaksanakan di SDN Satap 10 Konawe Selatan dan diikuti oleh sekolah dampingan SLI Konsel yaitu MI Raudhatul Jannah, SDN 2 Tinanggea, SDN 8 Tinanggea, SDN 10 Tinnggea, dan SDN Satap 10 Konawe Selatan selaku tuan rumah pelaksanaan OSK, Sabtu, 27 April 2019.

Total peserta yang lolos di tahap semifinal ada 73 orang dari level 1-3. Sedangkan peserta yang hadir ada 70 orang, jadi ada 3 peserta yang tidak hadir. Jumlah kehadiran ini relatif tinggi yaitu mencapai 95,89%.

Semifinal OSK 2019 kali ini dibuka oleh Kepala SDN Satap 10 Konawe Selatan yaitu Ibu Nyai Sutrianingsih. “Bangga tidak bisa sampai semifinal? Kalian harus berusaha agar bisa lolos ke tahap berikutnya, kalau kalian lolos maka akan membawa nama baik sekolah dan juga orang tua kalian,” ungkapnya.

“OSK kali ini waktunya kurang pas, karena anak-anak kelas 6 masih sibuk ujian sedangkan kelas 1-5 libur sekolah jadi mengumpulkan anak-anak yang susah,” ujar Ibu Kristinawati selaku guru pendamping di SDN 8 Tinanggea. Senada dengan itu, “Selain mengumpulkan juga pembinaannya yang kurang karena anak-anak libur sekolah ketika kelas 6 ujian,” tambah Bapak Rokani.

Namun demikian anak-anak tetap antusias untuk mengikuti babak semifinal OSK 2019. Hal tersebut terlihat dari raut muka penuh semangat. Dukungan dari guru maupun orang tua juga diberikan untuk menambah semangat para peserta OSK. Beberapa orang tua ikut mengantar sekaligus menunggu sampai lomba selesai.

“Soalnya susah sekali, tidak seperti penyisihan kemarin,” kata Dini salah satu peserta level 3 OSK dari SDN 10 Tinanggea. Hal tersebut dirasa wajar mengingat setiap babak pasti tingkat kesukaran soalnya juga akan meningkat. “Yang terpenting adalah sudah berusaha keras dan sudah mengantongi restu dari orang tua, soal menang atau kalah itu adalah bonusnya,” beber Inda selaku Kawan SLI sekaligus Koordinator OSK Daerah  Konawe Selatan.

Pengirim: Inda Dwi S. (Konsultan Relawan SLI, Kab. Konawe Selatan)