OJK Lakukan Capacity Building kepada Wartawan Se-Sultra

oleh -126 views

Portalsultra.com, Kolaka – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan Capacity Building kepada wartawan Se-Sulawesi Tenggara mengenai perlindungan konsumen sektor jasa keuangan dan waspada investasi ilegal. Kegiatan berlangsung selama dua hari, yakni 10-11 Desember 2018 di Sutan Raja Hotel Kolaka.

Kepala OJK Sultra M. Fredly Nasution dalam sambutannya mengatakan dengan terselenggaranya acara tersebut dapat meningkatkan kompetensi para wartawan sebagai bagian dari pilar demokrasi keempat.

“Saya harapkan nanti dari kegiatan ini sesuai dengan tema kegiatan ini dapat meningkatkan komptensi kita, pemahaman kita sehingga fungsi wartawan sebagai pilar demokrasi keempat selain yudikatif, eksekutif, dan legisalatif yakni ada wartawan (pers) yang bebas dan kredibel seperti itu. Itu bisa menjalankan fungsinya dengan baik,” katanya.

Ia juga mengharapkan agar semua materi yang telah diberikan dapat bermanfaat untuk turut serta dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat akan pentingnya perlindungan konsumen sektor jasa keuangan dan waspada terhadap investasi ilegal.

“Sehingga nanti diharapkan apa-apa yang kita inginkan bisa tercapai dengan baik. Tadi juga ada materi tentang perbankan syariah semoga bisa menambah wawasan dari rekan-rekan sekalian tentang perbankan syariah khususnya mengenai kebijakan apa saja dari OJK terkait dengan perbankan syariah. Sehingga nanti kalau misalnya mau menulis itu sudah ada bahannya,” harapnya.

“Terima kasih kepada semua rekan-rekan wartawan, OJK Learning Center, dan panitia yang sudah bersusah payah menyiapkan acara ini sehingga berlangsung dengan baik. Insya Allah kita bertemu di lain kesempatan dengan nuansa dan materi yang lain juga. Semoga apa-apa yang telah kita laksanakan selama dua hari ini bernilai ibadah dan menjadi salah satu pengabdian kita kepada bangsa dan negara ini,” imbuhnya saat menutup acara.

Adapun materi yang diberikan diantaranya Surat Edaran OJK (SEOJK) tentang pelayanan dan penyelesaian pengaduan konsumen pada pelaku usaha jasa keuangan, SEOJK tentang penyampaian informasi dalam rangka pemasaran produk dan layanan jasa keuangan, dan SEOJK tentang kerahasian dan keamanan data dan informasi pribadi.

Selain itu, ada juga materi tentang ekonomi syariah dan waspada investasi ilegal.

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti oleh para wartawan dari berbagai media yang ada di Sultra baik cetak, daring, tv, maupun radio.

Penulis: Benny Laponangi