Rumah Zakat Launching Pesantren Lansia di Kota Kendari

oleh -23 views

Peluncuran program Ramah Lansia Pesantren Lansia Habibi Ainun. Foto: Istimewa.

Kendari – Rumah Zakat baru saja meluncurkan program Ramah Lansia Pesantren Lansia Habibi Ainun. Peluncuran berlansung di Masjid Ash Shidiq Lorong Tepule, Kelurahan Watulondo, Puuwatu, Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Kamis (20/2/2020).

Program Pesantren Lansia Habibi Ainun diresmikan istri mantan Wakil Wali Kota Kendari Hj. Syamsuriyati Musadar. Hadir pula tokoh masyarakat, penggerak majelis taklim, dan 51 lansia beserta pra lansia.

Dalam kesempatan tersebut, Syamsuriyati Musadar menyampaikan, Pesantren Lansia Habibi Ainun yang diinisiasi oleh Rumah Zakat ini adalah Pesantren Lansia satu-satunya di Sulawesi Tenggara. Ia berharap dengan program ini, para lansia beserta pra lansia di Kelurahan Watulondo dan sekitarnya bisa mengisi hari tua dengan bahagia dan terus beramal shalih.

Dukungan hadir dari berbagai pihak, salah satunya Musadar Mapasomba. Mantan Wakil Wali Kota Kendari periode itu memberikan arahan dan berkenan sebagai pembina Pesantren Lansia Habibi Ainun.

Sementara itu, menurut Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Tri Kaeksi, nama Habibi Ainun dipilih sebagai nama Pesantren Lansia karena Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu terletak di bumi Sulawesi. Dan salah satu putra terbaik dari Sulawesi adalah Prof. Dr. Ing. H. Habibi, Presiden Indonesia ketiga. Perjalanan hidup Habibi Ainun banyak dijadikan sebagai motivasi bagi masyarakat Indonesia, yang hingga tutup usia masih terus menginspirasi.

“Dinamai pesantren karena ini doa. Impian kami di Lorong Tepule nanti bisa dibangun pesantren untuk belajar para eyang lansia. Itu impian kami. Ini juga sebagai inspirasi bahwa untuk impian besar segeralah dimulai, tidak perlu menunggu memiliki gedung yang megah untuk memulai perubahan,” ujar Tri Keksi dalam keterangannya.

“Di Pesantren Lansia Habibi Ainun para lansia dan pra lansia akan diajak untuk mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari kajian untuk mendamaikan ruhiyah, belajar baca al quran untuk lansia, posyandu lansia, senam lansia, penyuluhan kesehatan, pelatihan ketrampilan bahkan pendampingan usaha untuk para lansia dan pra lansia. Goal dari program ini para lansia bisa mengisi hari tua dengan bahagia dan terus berbekal menuju surga,” tuturnya.

Tri Kaeksi, Relawan Inspirasi Rumah Zakat sebagai inisiator program ini sebelumnya telah berhasil merintis program Pesantren Lansia Permata bersama Rumah Zakat di Desa Madurejo Prambanan Sleman, Yogyakarta. Pesantren Lansia yang hingga saat ini masih berjalan di wilayah Sleman dinobatkan sebagai program Desa Model. Sebagai Centre Of Excellence, percontohan program ramah lansia Rumah Zakat.

“Harapannya Pesantren Habibi Ainun juga bisa mengikut jejak sukses Pesantren Lansia Permata membumikan Program Ramah Lansia di bumi Sulawesi,” katanya.

“Menjadi impian Rumah Zakat, Pesantren Lansia Habibi Ainun menjadi program yang merengkuh sebanyak lansia dan memberi inspirasi hadirnya program-program pendampingan lansia di Kota Kendari khususnya, dan Sulawesi Tenggara pada umumnya. Hingga Indonesia Ramah Lansia,” tuturnya.

bni/bni