Pemkot Kendari Abadikan Hewan Anoa Lewat Patung

oleh -60 views

Kawasan pembuatan patung Anoa. Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM.

Kendari – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dikbudpar) sedang melakukan tahapan pengerjaan Patung Anoa sebagai simbol bahwa daerah ini dikenal dengan jenis fauna tersebut yang kini diketahui sudah merupakan hewan langka.

Hewan herbivora dengan nama latin Bubalus,SP ini dikenal sebagai hewan yang endemik yang hidup didaerah sulawesi, termasuk Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari sebagai ibu kotanya.

Beras Merah Tani Butuni

Karena keberadaan hewan tersebut saat ini sudah hampir punah bahkan sudah jarang ditemui, Pemerintah Kota Kendari berinisiatif melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 mengabadikan hewan itu dalam bentuk patung.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Kendari, Fauziah A Rachman, mengatakan saat ini pembuatan patung Anoa itu sedang dalam tahap pengerjaan. Ditargetkan patung itu rampung diakhir tahun.

“Kenapa kita berniat untuk membuat patung Anoa ini, supaya anak-anak kita selanjutnya atau masyarakat di Kota Kendari ataupun masyarakat Sultra secara umum bisa mengenang kembali bahwa di daerah ini pernah ada binatang Anoa itu,” ujar Fauziah A Rachman, Kamis (31/10) dan ditulis, Senin (4/11/2019).

Patung Anoa saat ini sedang dalam tahap pengerjaan, dibangun sebanyak empat unit Anoa yang dipusatkan di kawasan Tambat Labuh Kawasan Kendari Beach, Kelurahan Punggaloba, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

Katanya, pemilihan lokasi ini karena dianggap strategis, selain di kawasan ini menjadi salah satu pusat kegiatan refreshing juga bisa diakses semua orang.

“Jadi kita juga meminta agar dipatung Anoa itu dibuatkan narasi khusus penjelasan tentang Anoa, sehingga pengunjung bisa mengetahui apa dan darimana itu hewan Anoa,” ucapnya.

“Insyallah kita targetkan tahun ini sudah rampung pembangunannya,” ucapnya.

rls/bni