Tingkatkan Pelayanan, BPTP Balitbangtan Sultra Jalin Kerja Sama Pengelolaan Perpustakaan

oleh -47 views

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sultra. Foto: Istimewa.

Kendari – Balitbangtan BPTP Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penandatangan perjanjian kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sultra di Kantor BPTP Sultra, Selasa(17/3/2020).

Perjanjian kerja sama dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sultra, Kepala Seksi Kerjasama Perpustakaan, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Kepala Seksi KSPP, Penyuluh, dan Pustakawan.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq, STP., MM menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara BPTP dengan Perpustakaan Daerah dalam peningkatan pelayanan perpustakaan menuju perpustakaan digital.

Kerja sama yang dilakukan dalam rangka penyebarluasan dan pemanfaatan hasil penelitian tentang inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi untuk mendukung pembangunan pertanian di Sulawesi Tenggara.

Untuk saat ini beberapa teknologi yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan diantaranya adalah varietas unggul baru tanaman padi, jagung, tebu, dan pengairan dengan sistem digital, serta inovasi teknologi lainnya.

Harapannya dengan kerja sama ini diseminasi hasil teknologi pertanian spesifik lokasi dapat langsung diterima oleh masyarakat melalui perpustakaan berbasis digital.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sultra Ir. Hj. Wagola, M.Si, menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPTP Sultra yang telah memfasilitasi pelaksanaan penandatangan perjanjian kerja sama.

Perjanjian kerjasama yang dilakukan untuk memfasilitasi jurnal dan karya tulis ilmiah serta rekomendasi teknologi pertanian spesifik lokasi yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian melalui BPTP Sultra.

Nantinya tulisan tersebut akan ditampilkan pada perpustakaan digital yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan Daerah Sultra, sehingga mempermudah pengguna untuk mengakses pustaka khususnya inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi yang dihasilkan.

Kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama diakhiri dengan penyerahan buku sains teknologi yang diterbitkan oleh Balitbangtan Kementerian Pertanian.

bni/bni