Usai Pilgub DKI, Akankah Koalisi Gerindra-PKS Berlanjut di Pilgub Sultra?

Politik290 views
Foto: Ilustrasi

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Koalisi antara Partai Gerindra dan PKS sukses mengantarkan kemenangan pasangan Anies-Sandi menjadi Gubernur di DKI Jakarta. Akankah koalisi tersebut berlanjut di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018?

“Kalau itu sih bukan otomatis kan mengenai Gerindra-PKS di daerah. Karena ini juga kan tidak ada semacam petunjuk permanen dari pusat,” ujar Ketua DPD Gerindra Imran kepada portalsultracom saat dihubungi melalui sambungan telefon, Selasa (9/5/2017).

Mengenai apakah Gerindra membuka peluang untuk berkoalisi dengan PKS di Pilgub, Imran mengatakan bahwa, hal tersebut peluangnya terbuka. Bukan hanya dengan PKS, tetapi juga dengan semua partai yang ada di Sultra.

“Terbukalah peluang kalau dengan PKS. Karena kita juga kan pasti mencari koalisi. Termasuk koalisi dengan siapa saja, bukan hanya dengan PKS. Artinya kita terbuka dengan semua partai-partai yang ada di Sultra untuk berkoalisi,” katanya.

Meski demikian, mantan Bupati Konawe Selatan ini belum bisa memastikan mengenai rencana koalisi dengan partai lain. Sebab menurutnya, masih harus menunggu petunjuk dari DPP.

“Cuma nanti sambil menunggu petunjuk dari DPP, setelah ada itu baru kita bisa ke langkah yang berikutnya,” bebernya.

Sebagai informasi, selain di Pilkada DKI Jakarta, Gerindra dan PKS juga dikabarkan akan kembali menjalin koalisi di Pilgub Jawa Barat.

Melirik dari sejarah, koalisi antara Gerindra dan PKS sudah terjalin sejak Pilpres 2014. Saat itu, Gerindra, PKS, PBB, PPP, PAN, dan Golkar, yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP), mendukung Prabowo Subianto-Hatta Radjasa sebagai pasangan Pilpres 2014.

Hingga akhirnya, PPP, PAN, dan Golkar menyatakan keluar dari KMP. Sehingga kini hanya Gerindra dan PKS yang tersisa sebagai partai oposisi.

Penulis: Benny Syaputra Laponangi

Komentar