2 Daerah di Sultra Ini Akan Difasilitasi oleh Dirjenbun untuk Pendirian Industri Gula Nasional

Sultra Raya245 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Dalam rangka mendorong laju percepatan swasembada pangan, khususnya bidang perkebunan (tebu). Kementrian Pertanian melalui Direktorat Jendral (Dirjen) Perkebunan akan menjadikan Sultra sebagai salah satu daerah yang menjadi sentra pengembangan industri gula nasional.  Diantaranya ialah 2 daerah di Sultra yang menjadi fokus Dirjenbun.

Sesi foto bersama. Secara berurutan dari paling kanan, Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin, Gubernur Sultra Nur Alam, Dirjenbun Bambang, Ketua DPRD Sultra Abdurahman Saleh, dan Kadisbunhorti Sultra Yesna Suwarni/Foto: Benny

“Pengembangan industri gula nasional ini menjadi fokus pemerintah. Pak Jokowi, Mentan, sedang giat-giatnya mendorong percepatan tercapainya swasembada pangan, termasuk di dalamnya adalah bidang industri gula nasional. Saya kira ini menjadi peluang yang sangat baik. Sultra masih cukup lahan, asal ada komitmen kita untuk mau memfasilitasi berdirinya industri gula,” terang Dirjenbun Kementan kepada peserta rakor, Rabu (3/4/2017).

“Kita coba fokus pada Konsel dan Muna. Tolong Pak Bupati Muna dan Wakil Bupati Konsel dengan segenap kekuatan, Dirjenbun ingin memfasilitasi setidaknya berdiri Pabrik di dua daerah ini,” imbuhnya.

Tidak hanya sampai disitu, Dirjenbun juga bahkan mengatakan jika pemerintah pusat akan siap menggulirkan ratusan milyar di Sultra dengan catatan para Bupati siap serta konsisten dengan rencana pendirian industri gula di daerahnya.

“Berbeda dengan komunitas yang lainnya, kehadiran investor seperti halnya sawit biasanya investasui hanya dating dari perusahaan swasta saja, tetapi untuk industri gula disamping swasta membangunkan pabrik, dan membangun kebun inti pemerintah pusat siap memfasilitasi pengembangan kebun-kebun rakyat. Ratusan milyar bisa digulirkan di Sultra kalau Bapak-bapak Bupati bentul-betul konsisten dengan rencana pembangunan industri gula di daerahnya,” kata Bambang.

Sehingga Bambang yang sebelumnya pernah menjadi Kadisbunhorti Sultra ini menghimbau, agar semua daerah dapat serius dalam menangkap besar tersebut.

“Dan peluang-peluang ini ada juga di Bombana, Kolaka, saya kira tinggal keseriusan kita untuk menangkap kesempatan besar. Banyak peluang dari Jakarta yang bisa digulirkan ke daerah. Tetapi berlomba-lombalah, siapa yang cerdas menyikapi,” bebernya.

Untuk diketahui, tidak hanya datang sendiri, Bambang selaku Dirjenbun juga hadir ke Sultra bersama dengan seluruh Direktur yang ada di institusi yang saat ini ia pimpin itu.

Penulis: Benny Syaputra Laponangi

Komentar