Kantong Suara Ali Mazi di Sultra Masih Lebih Unggul dari Laode Ida?

oleh -181 views
Ali Mazi (kiri) dan Laode Ida (kanan)

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Pengamat politik Dr Najib Husen menilai jika dua tokoh Sultra, Ali Mazi dan Laode Ida memiliki peluang yang besar untuk kembali bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018. Tetapi, jika melihat dari segi kantong suara, Ali Mazi masih lebih unggul dibanding dengan Laode Ida.

“Saya fikir keduanya masih besar peluangnya untuk kembali. Apalagi Ali Mazi yang punya pengalaman jadi gubernur dan dia masih punya basis suara di bawah. Begitu juga dengan La Ode Ida. Tapi peluang Ali Mazi, masih lebih besar dibanding dengan La Ode Ida. Kalau melihat bagaimana kantong-kantong suara di Sultra,” terang Najib Najib Husen, Kamis (9/3/2017).

Baca juga : Koalisi Klasik Bakal Warnai Pilgub Sultra, Ini Prediksi Paslon yang Kemungkinan Terjadi

Meski demikian, Najib kembali melihat pada sisi parpol yang akan bersedia untuk mengusung mereka tampil di Pilgub. Karena ini akan menjadi salah satu kendaraan selain jalur independen.

“Hanya itu lagi, kita kembali pada persoalan, ada tidak pintu yang mereka bisa dapatkan nanti. Karena mereka tidak punya modal,” jelas Najib.

Sedangkan peluang keduanya untuk kembali turun ke Pillgub, Najib menambahkan, sangat besar, apalagi dengan Ali Mazi. “Saya melihat untuk turun kembali ke Pilgub, masih sangat besar kemungkinan. Apalagi Ali Mazi bagi saya,” tambahnya.

Terkait jabatan mereka hari ini di pusat, dirinya juga mengungkapkan jika posisi mereka takkan mengahalangi untuk tampil di Pilgub.

“Kalau Ali Mazi sekarang memang tidak ada pekerjaan kan? Kalau La Ode Ida, sekarang itu kan di Ombudsman, tapi itu pun juga kalau saya melihat hanya sebagai batu loncatan sebenarnya, untuk bisa bagaimana merebut pemilihan gubernur nanti,” ungkap Najib.

Menutup penjelasannya, Dosen Pascasarjana Komunikasi FISIP UHO ini menegaskan jika posisi gubernur ialah posisi yang sangat prestisius, sehingga semua orang akan merebut posisi itu.

“Jadi memang posisi gubernur itu adalah posisi yang sangat prestisius. Semua orang akan merebut posisi itu,” tegasnya.

Penulis : Benny Syaputra Laponangi