Masuk Destinasi 10 Bali Baru, Wakatobi Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan FGD oleh Kemenpar

Sultra Raya289 views
Foto: wakatobi.com

WAKATOBI, PORTALSULTRA.COM – Sebagai salah satu daerah yang ditetapkan menjadi 10 destinasi prioritas atau 10 Bali Baru oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar), terbaru Kabupaten Wakatobi ditunjuk menjadi tuan rumah dari pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) penyususnan target pasar bahari di Wakatobi pada pertengahan Mei nanti.

”Ini kami lakukan untuk membuat proyeksi target pasar tahun 2017 dan tahun 2018 pada tujuh provinsi yang menjadi destinasi wisata bahari melalui pengukuran secara kualitatif dan kuantitatif di masing-masing wilayah,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy yang juga diamini oleh Plt Asdep Strategi Pemasaran Nusantara Hariyanto, Jumat (21/4/2017) seperti dikutip dari republika.co.id.

Sebagai informasi, 7 provinsi bahari yang menjadi destinasi wisata bahari di 10 Bali Baru adalah Wakatobi, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, Mandalika Lombok, Labuan Bajo, dan Morotai. Tiga destinasi lainnya bukan destinasi bahari yakni Bromo, Borobudur dan Danau Toba.

”Tujuannya nanti pasca FGD dapat dijadikan referensi dalam menyusun target pasar wisata bahari di tahun berikutnya, dan membuat rekomendasi strategi yang tepat dalam melakukan pemasaran wisata bahari di 10 Bali Baru,” katanya.

Sementara salah satu PIC Wakatobi Pokja Percepatan 10 Bali Baru Kemenpar, Gemma Pratama mengatakan bahwa, penyusunan target pasar wisata bahari di 10 destinasi prioritas sangat penting dilaksanakan karena nantinya (kita, dihilangkan) semua pelaku pariwisata di Wakatobi bisa membaca, kebiasaan, siapa saja, dan apa saja yang dibutuhkan untuk menyambut wisatawan mancanegara yang datang ke Wakatobi. ”Ini juga menjadi bagian dari percepatan destinasi dan juga dalam rangka mengejar target wisman,” ujar Gemma.

Menyambut acara besar tersebut, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industrasi Pariwisata Wakatobi, La Ode Kaslan, berjanji akan menghadirkan banyak peserta yang kompeten untuk acara Kemenpar tersebut.

”Kami sangat senang dan berterima kasih dengan dukungan Kemenpar, kita akan undang lebih dari 30 orang industri pariwisata, masyarakat, serta seluruh pihak terkait yang langsung bersentuhan dengan pariwisata di Wakatobi. Keempat pulau yang ada di Wakatobi akan dihadirkan semua oleh kami, karena tujuannya untuk pariwisata kami yang harus terus meningkat,” ucap Kaslan.

Untuk diketahui, tidak hanya terpilih sebagai 10 Bali Baru, daerah Wakatobi juga telah masuk sebagai salah satu dari lima wakil Indonesia yang masuk ke dalam pilihan pembaca terbaik tingkat dunia. Dimana daerah yang saat ini dipimpin oleh Arhawi itu, untuk Wakatobi House Reef dinobatkan menjadi The Best Shore Dive dalam top 100 kategori resort, bar, destinasi serta segala hal yang terkait kehidupan bawah laut.

“Berbagai penghargaan itu diberikan tidak sembarangan, itu mempertaruhkan reputasi mereka jika tidak kredibel. Karena itu, penghargaan tersebut juga menaikkan kredibilitas destinasi selam kita. Ini harus dijaga termasuk di Wakatobi, jaga terus alam kita,” kata Arief Yahya.

Penulis: Benny Syaputra Laponangi

Komentar