Menuju Pusat Agribisnis, Kebun Percobaan Onembute Optimalkan Kinerja SDM

oleh -26 views

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra dan rombongan saat melakukan kunjungan kerja ke Kebun Percobaan Onembute di Desa Anggondara, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan. Foto: Istimewa.

Kendari – Kepala Balitbangtan BPTP Sulawesi Tenggara melakukan kunjungan di Kebun Percobaan (KP) Onembute, Kabupaten Konawe Selatan, yang didampingi pejabat struktural, peneliti, penyuluh, dan fungsional umum lingkup Balitbangtan BPTP Sultra, Rabu (18/3/2020).

Kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk melihat kinerja Kebun Percobaan Onembute sebagai show window inovasi teknologi pertanian.

Kegiatan kunjungan diawali dengan pertemuan antara Kepala Balitbangtan BPTP Sultra bersama tim, dengan Koordinator Kebun Percobaan dan seluruh karyawan KP Onembute.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq, STP., MM dalam kunjungannya menyampaikan bahwa ke depan Kebun Percobaan akan dijadikan sebagai pusat agribisnis, sehingga perlu adanya peningkatan sumber daya manusia dalam pelaksanaan pengelolaannya.

Terdapat beberapa komoditas utama yang menjadi fokus untuk dikembangkan dalam mendukung pusat agribisnis diantaranya peternakan (mendukung program strategis Kementan), perkebunan tebu (mendukung swasemnada gula dalam negeri), dan kakao (komoditi eksport).

Sementara itu, Koordinator Kebun Percobaan Onembute Imran, SP., MP menyambut baik kunjungan dan pertemuan yang dilakukan Kepala Balitbangtan BPTP Sultra.

Ia berharap kunjungan tersebut dapat memberikan motivasi peningkatan kinerja karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Untuk diketahui beberapa inovasi teknologi yang sedang dikembangkan di Kebun Percobaan Onembute antara lain perbenihan tebu, kakao, cengkeh, jambu mete, kelapa, pemanfaatan lahan pekarangan/Opal (Obor Pangan Lestari) serta pengembangan ternak sapi potong dan pengembangan hijauan pakan ternak unggul. Kegiatan saat ini untuk pengembangan Kebun Percobaan Onembute berfokus pada perluasan areal pakan ternak dan pembibitan tanaman perkebunan.

bni/bni