Tim Puldata Kondisi Mental Prajurit Mabes TNI Sambangi Korem 143/HO

Sultra Raya436 views

Foto: dok. Penrem 143/HO.

Kendari – Tim Puldata Kondisi Mental Prajurit Mabes TNI yang diketuai Letkol Kav Iyan Sopiyan menyambangi Korem 143/Halu Oleo dan menggelar kegiatan safari Bintal dan Puldata Kondisi Mental Prajurit TNI di Aula Makodim 1417/Kendari, Selasa (26/3/2019).

Komandan Korem 143/Halu Oleo Kolonel Inf Yustinus nono Yulianto dalam sambutannya yang dibacakan Mayor Inf Hadi Prayitno menyatakan bahwa, pembinaan mental sangat bermanfaat bagi prajurit TNI dan PNS maupun keluarganya. Pembinaan mental menjadi sebuah faktor yang manentukan dalam menunjang keberhasilan tugas prajurit dengan menanamkan semangat juang loyalitas, dedikasi, rela berkorban, dan sifat-sifat positif lainnya.

“Dengan acara berupa ceramah pembinaan mental oleh Tim Safari Bintal TNI, mereka akan memberikan pencerahan, sentuhan rohani pribadi setiap prajurit, sehingga kita selalu siap mempertahankan keunggulan moral, solid, dan berjiwa nasionalisme, serta memiliki militansi yang dapat dibanggakan, kecintaan terhadap segala tugas pengabdian kepada bangsa dan negara,” ungkap danrem 143/HO.

Sementara itu, Ketua Tim Puldata Kondisi Mental Prajurit TNI 2019 mewakili Kapusbintal TNI Laksamana Pertama TNI Budi Siswanto mengucapkan salam kepada semua prajurit yang ada di satuan ini. Permohonan maafnya karena tidak bisa hadir pada acara tersebut. Kapusbintal juga memberikan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI, khususnya kepada Danrem 143/HO.

Lebih lanjut Letkol Iyan Sopiyan juga menyampaikan pesan dan harapan Kapusbintal TNI, yang pada intinya menjadi prajurit yang profesional dengan memiliki mental yang tangguh dengan memiliki 4 komponen Bintal yaitu mental dan rohani (Bintalroh), mental ideologi (Bintalid), mental kejuangan (Bintaltrajuang), dan psikologi (Bintalpsi).

“Hasil Puldata kondisi mental prajurit TNI akan dilaporkan kepada Panglima TNI setelah dilakukan pengolahan dan analisa data yang diperoleh selama 2019, sebagai bahan pertimbangan dan sumbang saran pemikiran dalam pelaksanaan pembinaan mental prajurit TNI kedepan,” pungkas Ketua Tim Puldata Mabes TNI.

Untuk diketahui, kegiatan Puldata ini dilaksanakan secara periodik setiap dua tahun sekali, meliputi daerah basis, rawan kerusuhan, dan daerah pengamanan perbatasan. Untuk kegiatan Puldata di TW I ini dilaksanakan di wilayah koordinasi Kodam XIV/Hasanudin perwakilan masing-masing satuan yaitu Korem 143/HO, Lanal Kendari, dan Lanud Haluoleo Kendari, dengan responden terdiri dari Perwira (Pamen, Pama), Bintara, dan Tamtama.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Mayor Inf Hadi Praitno, Kabintal Rem 143/HO Kapten Inf Abdul Haris, Danramil 1417/-05/Tinanggea Kapten Inf Efendin, Danramil 1417-04/Lainea Kapten Inf Arifuddin, Pasi Tuud Denpom Kendari Kapten Cpm Surono, Pabintal 725/Wrg Lettu Inf Taslim, Danton SMS Kibant 725/Wrg Letda Inf Asmaul, Paurdal Denpal Kendari Letda Cpl Andi Ishak Y, dan 100 orang Perwira, Bintara, Tamtama, dan jajaran Korem 143/HO.***

Komentar