Kunjungan Kerja Kepala Badan Litbang Pertanian di Sultra

Sultra Raya895 views

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr Ir Fadjry Djufry MSi bersama seluruh jajaran BPTP Balitbangtan Sultra. Foto: istimewa.

Kendari – Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, melakukan kunjungan kerja yang didampingi Kepala BB2TP/Plt KaBBSDLP, Kepala Balit Tanah, Kepala Balitklimat, Kabid PE Puslitbangbu, Kabid KSPHP BB2TP dan beberapa peneliti. Kujungan kerja tersebut dalam rangka persiapan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (10/5/2019).

Kunjungan diawali dengan ramah tamah bersama keluarga besar BPTP Balitbangtan Sultra. Kunjungan Kepala Badan Litbang disambut hangat oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sultra, Kasubag Tata Usaha, Kasi KSPP, Peneliti, Penyuluh, dan seluruh pegawai lingkup BPTP Balitbangtan Sultra.

Baca juga: BPTP Balitbangtan Sultra Lakukan Penandatangan Kerja Sama dengan RRI Kendari

Ramah tamah Kepala Badan Litbang Pertanian Dr Ir Fadjry Djufry MSi (tengah) dengan staf BPTP Balitbangtan Sultra yang didamping oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sultra Ir Muh. Asaad M.Sc. Foto: istimewa.

Kepala BPTP Balitbangtan Sultra Ir. Muh. Asaad, M.Sc, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Kepala Badan Litbang Pertanian beserta rombongan, diharapkan kunjungan tersebut dapat memberikan energi positif dan motivasi pegawai untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik. Apalagi saat ini Kementerian Pertanian telah menerapkan penilaian kinerja berbasis online, melalui e-Kinerja.

Baca juga: Bupati Butur Terima 9 Tanda Pendaftaran Varietas Padi Lokal dari BPTP Balitbangtan Sultra

Sementar itu, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Dr. Ir. Haris Syahbudin, DEA., mendorong kajian komoditas spesifik wilayah Sultra, misalnya untuk Sultra komoditas jambu mete dan sagu, selain komoditas strategis padi, jagung, kedelai, kakao, bawang merah, dan sapi.

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr Ir Fadjry Djufry MSi (tengah) yang didampingi Kepala BPTP Balitbangtan Sultra Ir Muh. Asaad M.Sc saat meresmikan Radio Citra Pertanian (RCP) Foto: istimewa.

“Tahun 2019 BPTP Balitbangtan Sultra akan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang ke-39 di Provinsi Sulawesi Tenggara. Pelaksanaan HPS di Sultra merupakan peluang untuk memperlihatkan wajah Sultra kepada dunia, yang berkaitan dengan pangan maupun komoditas pertanian lainnya seperti kakao dan sagu, hingga budaya Sultra secara keseluruhan,” ujar Haris.

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si memberikan apresiaisi kepada BPTP Balitbangtan Sultra dalam pencapaian kinerja dalam melaksanakan tupoksinya.

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr Ir Fadjry Djufry MSi. Foto: istimewa.

Baca juga: Tingkatkan Kinerja, BPTP Balitbangtan Sultra Lakukan Workshop Pengisian SKP Tahun 2019

“Beberapa pokok pikiran yang disampaikan antara lain : (1) Penekanan tentang pentingnya corporate identity Badan Litbang yang memiliki puluhan balai penelitian komoditas dan 33 BPTP se-Indonesia dengan jumlah peneliti 2.481 orang, (2)Perbaikan manajemen internal instansi harus dilakukan baik instansi pusat maupun daerah. Perbaikan tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti perkembangan zaman meliputi : Revolusi 4.0 (sistem berbasis internet), perbaikan Benchmark, dan pengelolaan administrasi berbasis online, (3) penyempurnaan aturan yang sudah berlaku dan mengganti beberapa aturan yang menghambat kinerja pegawai lingkup Balitbangtan seperti penyempurnaan aturan izin belajar pegawai, serta penyetaraan ijazah, sesuai dengan Perka LIPI tentang syarat menjadi fungsional peneliti, (4) Perubahan struktur tata naskah penyebutan nama UPT (Unit Pelaksana Teknis) lingkup Balitbangtan menjadi awalan ‘Balitbangtan’ dianggap perlu dilakukan untuk mempermudah masyarakat secara luas mengenal Balitbangtan dengan mudah, (5) Seluruh pegawai terutama lingkup BPTP Sultra dalam penguasaan bidang keilmuan tidak hanya terfokus ke satu bidang ilmu saja atau hanya terfokus ke beberapa komoditas spesifik lokasi melainkan harus menguasai bidang ilmu pada semua komoditas pertanian, (6) Meningkatkan kinerja BPTP untuk mentransformasi dan mengimplementasikan berbagai inovasi teknologi Balitbangtan di daerah, dengan output inovasi teknologi harus teradopsi dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani, (7) Peneliti dituntut untuk mengembangkan kemampuan baik hard skill maupun soft skill dan dapat bersaing di tingkat internasional, karena kedepan Badan Litbang Pertanian akan menuju lembaga penelitian kelas dunia, (7) Peneliti dan penyuluh harus berkolaborisasi untuk tetap terus menghasilkan dan mengembangkan inovasi teknologi pertanian,” terang Fadjry.

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr Ir Fadjry Djufry MSi saat berkunjung lokasi HPS di Sub Station Penelitian Kakao di Desa Lebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konsel. Foto: istimewa.

Dalam rangkaian kunjungan kerja Kepala Badan Litbang Pertanian di BPTP Balitbangtan Sultra juga melakukan peresmian Radio Citra Pertanian (RCP) Balitbangtan BPTP Sultra, yang merupakan salah satu radio di Sultra yang memiliki program siaran di bidang pertanian disamping program acara lainnya.

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr Ir Fadjry Djufry MSi di lokasi HPS Sub Station Penelitian Kakao Desa Lebo, Kecamatan Konda, Konsel. Foto: istimewa.

Kegiatan Kunjungan dilanjutkan dengan melihat lokasi pelaksanaan HPS di Sub Station Penelitian Kakao di Desa Lebo Jaya, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Hari Pangan Sedunia sendiri akan dilaksanakan pada Oktober 2019. (Adv)

Komentar