Nur Alam Kunjungi Lokasi Banjir di Kelurahan Lepo-lepo

Sultra Raya354 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam meninjau langsung lokasi banjir yang berada di Sungai Wanggu Kelurahan Lepo-lepo Kecamatan Baruga.

Dalam kesempatan tersebut, Nur Alam juga mengungkapkan jika pemerintah saat ini bersama TNI, Polri dan SAR sudah turun ke lapangan untuk melakukan evakuasi guna memastikan keselamatan para korban banjir. “Yang kita utamakan saat ini ialah keselamatan warga, itu yang terpenting,” ungkapnya.

Gubernur dua periode itu juga mengatakan bahwa, penyebab terjadinya banjir ialah meluapnya Sungai Wanggu itu sendiri. Dimana hujan yang terus mengguyur mengakibatkan debit air terus bertambah.

Sehingga menurutnya, kedepan pemerintah akan memikirkan, apakah akan ada normalisasi atau tidak. “Kita akan fikirkan mengenai pelurusan atau normalisasi kali wanggu,” kata Nur Alam.

Banjir yang melanda warga bantaran Sungai Wanggu, Jl Haji Lamuse, Kelurahan Lepo-lepo merupakan yang paling parah. Dimana tercatat ada 406 orang dari 5 RT dengan 99 kepala keluarga yang rumahnya di rendam oleh banjir yang tingginya di atas 100 cm.

Diketahui, selain di Kelurahan Lepo-lepo, banjir juga terjadi di sejumlah wilayah yang ada di Kota Kendari. Diantaranya di Kelurahan Anduonohu, Kampung Salo, Kendari Barat (Kemaraya), Kelurahan Mandonga, Kelurahan Korumba, Kelurahan Poasia, dan Kelurahan Kambu (Perdos) Kampus Baru.

Penulis: Benny Syaputra Laponangi

Komentar