Tim Surveyor Akreditasi Kunjungi Puskesmas Kaleroang Kabupaten Morowali

oleh -289 views

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Morowali, Puspa Bayu Nugraha, saat membawakan sambutan pada akreditasi Puskesmas Kaleroang, Bungku Selatan. Foto: Istimewa.

Morowali – Tim surveyor Kementerian Kesehatan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mengunjungi Puskesmas Kaleroang, Bungku Selatan, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Senin (16/12/2019).

Tim surveyor yang hadir yakni Teguh Hidayat, SKM., MPH, dr. Budi Raharjo, M.Epid, dan Kamarullah, SP., M.Kes.

Kedatangan tim surveyor disambut langsung tuan rumah, diantaranya perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali, Kepala Puskesmas Kaleroang, dan seluruh pegawai lingkup Puskesmas Kaleroang.

Hadir pula Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Morowali Puspa Bayu Nugraha. Puspa Bayu Nugraha atau yang akrab disapa Bayu, menyempatkan hadir pada akreditasi Puskesmas Kaleroang disela-sela rangkaian kunjungan kerjanya di Bungku Selatan.

“Iya ini saya ada kunjungan kerja di wilayah Bungku Selatan dan bertepatan dengan kegiatan akreditasi Puskesmas, sehingga Kapus (Kepala Puskesmas) meminta hadir untuk memberikan sambutan serta disatu sisi untuk rumah sakit dan Puskesmas merupakan mitra kerja dari komisi I,” ujar Bayu.

Bayu mengatakan, para tenaga medis di Puskesmas Kaleroang memliki etos kerja yang tinggi untuk mewujudkan program Kementerian Kesehatan maupun pemerintah daerah setempat.

“Untuk semangat para tenaga medis yang ada di Puskesmas Kaleroang mereka punya semangat 45, meskipun kondisi geografis Bungku Selatan itu harus menyesuaikan dengan alam. Ketika musim selatan (musim ombak) jangankan tim medis, para nelayan saja takut untuk melaut,” ujar Bayu.

Berkaca dari kondisi geografis yang ada di Bungku Selatan, Bayu berjanji akan memperjuangkan aspirasi di DPRD untuk pengadaan sarana transportasi laut.

“Tahun depan saya sebagai perwakilan masyarakat Bungku Selatan, insyaallah saya titipkan aspirasi Puskesmas Kaleroang untuk pengadaan satu fasilitas untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat yaitu memberikan satu speed boat,” tutur Bayu.

Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini berharap dengan adanya fasilitas tersebut, para tenaga medis dapat dimudahkan dalam melakukan pelayanan kesehatan di Bungku Selatan.

“Agar kita pakai metode jemput bola, dalam hal ini para tim medis yang mendatangi masyarakat yang sakit. Apalagi mereka yang tidak punya kemampuan untuk sampai ke Puskesmas,” tutur Bayu.

bni/bni