BIMTEK, Tingkatkan Kompetensi Penyuluh Pertanian Kab. Konawe

oleh -83 views

Bimbingan teknis penyuluh petanian daerah Kabupaten Konawe. Foto: Istimewa.

Konawe – Pertanian merupakan sektor yang sangat penting dalam perekonomian nasional. Pengembangan pembangunan pertanian di masa mendatang perlu memberikan perhatian yang khusus terhadap penyuluhan pertanian, karena penyuluhan pertanian merupakan salah satu kegiatan yang strategis dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan pertanian.

Tugas pembinaan dilakukan untuk meningkatkan sumberdaya petani di bidang pertanian, dimana untuk menjalankan tugas ini di masa depan penyuluh harus memiliki kualitas sumberdaya yang handal, memiliki kemandirian dalam bekerja, profesional serta berwawasan global.

Beras Merah Tani Butuni

Baca juga: Kabupaten Konawe Pacu Luas Tambah Tanam Padi

Balitbangtan BPTP Sulawesi Tenggara melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyuluh Pertanian di Kebun Percobaan Wawotobi Kabupaten Konawe, Senin (30/9/2019).

Kegiatan diikuti oleh 30 orang Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Konawe serta dihadiri Kepala Balitbangtan BPTP Sultra yang diwakili Kepala Tata Usaha. Turut hadir pula Kepala Dinas TPHP Kabupaten Konawe, yang diwakili oleh Koordinator Jabatan Fungsional, Peneliti, dan Penyuluh BPTP Sultra.

Baca juga: Pustakawan Balitbangtan BPTP Sultra Raih Peringkat I Tingkat Provinsi

Foto: Istimewa.

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Konawe, yang diwakili oleh Koordinator Jabatan Fungsional, H. Yassir Arafat, SP., M.Si mengatakan, melalui Bimtek yang dilaksanakan Balitbangtan BPTP Sultra dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan penyuluh pertanian tentang teknologi padi sesuai dengan perkembangan saat ini, serta dapat melakukan penyebaran informasi tentang inovasi teknologi melalui media sosial.

“Materi yang diterima pada saat Bimtek sekiranya dapat diterapkan di wilayah masing-masing sehingga petani mampu dan dapat mengelola usaha taninya dengan produktif, efisien, dan menguntungkan, sehingga program sejuta ton beras yang dicanangkan pemerintah Kabupaten Konawe dapat terwujud,” ujar Yassir.

Baca juga: Balitbangtan BPTP Sultra Gelar Pelatihan Teknis Turiman Pajale di Konsel

Foto: Istimewa.

Sementara itu, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra yang diwakili Kepala Tata Usaha Ir. Dahya, M.Si, dalam sambutannya, menyampaikan, kegiatan Bimtek yang dilaksanakan merupakan rangkaian kegiatan dalam peningkatan kompetensi penyuluh pertanian daerah.

“Kabupaten Konawe merupakan daerah yang ketiga dalam pelaksanaan Bimtek penyuluh pertanian, yang sebelumnya telah dilakanakan di Kabupaten Kolaka Timur dan Kota Kendari,” kata Dahya.

Foto: Istimewa.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Peneliti dan Penyuluh Balitbangtan BPTP Sultra. Materi yang disampaikan meliputi, 1) Perlakuan seed treatment pada benih padi sawah dalam mendukung pogram sejuta ton beras di Kabupate Konawe, 2) Karya tulis ilmiah, dan 3) Penulisan berita melalui media daring.

Kegiatan Bimtek berjalan dengan baik, dimana peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan serta menyampaikan pertanyaan, apalagi kegiatan bimtek selain teori ada pula praktek dilapangan.

bni/adv