Sultra Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia ke-39

oleh -2.368 views

Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh saat memimpin rapat persiapan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39. Foto: istimewa.

KendariKepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara (Sultra) Ir. Muh. Asaad, M.Sc didampingi Kepala Seksi KsPP Dr. Abdul Wahab, SP, MP menghadiri rapat persiapan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39, di Ruang Rapat Kantor Gubernur Sultra. Rapat dipimpin oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, SH., didampingi Wakil Gubernur Dr. H. Lukman Abunawas, M.Si., dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh.

Kepala BPTP Balitbangtan Sultra Ir. Muh Asaad, M.Sc yang didampingi Kepala Seksi KsPP Dr. Abdul Wahab, SP,. MP saat menghadiri rapat koordinasi persiapan HPS ke-39. Foto: istimewa.

Baca juga: Membangun Integritas ASN, Inspektur Jenderal Kunjungi UPT Kementan di Sultra

Beras Merah Tani Butuni

Rapat persiapan tersebut juga dihadiri pelaksana tugas Sekretaris Daerah Sultra, para Kepala Daerah, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lingkup Provinsi Sultra, Danlanal Kendari, Danlanud Haluoleo, dan Koordinator Pangan PKK Provinsi Sultra, Jumat (24/5/2019).

Peserta rapat koordinasi persiapan HPS ke-39. Foto: istimewa.

Gubernur Sultra Ali Mazi dalam arahannya menyampaikan bahwa, tahun 2019 Sultra menjadi tuan rumah HPS yang ke-39 dengan komoditi utama tanaman kakao. HPS merupakan salah satu upaya untuk menggerakkan dan mendorong usaha penyelenggaraan pangan yang berkelanjutan dengan memaksimalkan peran masing-masing pemangku kepentingan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan.

Baca juga: Kunjungan Kerja Kepala Badan Litbang Pertanian di Sultra

Peserta rapat koordinasi persiapan HPS ke-39. Foto: istimewa.

“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan HPS adalah untuk memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif, dengan melibatkan seluruh komponen pemeritahan dan masyarakat, dalam mempertahankan kedaulatan pangan nasional, serta memotivasi stakeholder ketahanan pangan untuk berpartisipasi aktif secara berkelanjutan dalam pembangunan ketahanan pangan,“ ujar Ali Mazi.

Baca juga: BPTP Balitbangtan Sultra Lakukan Penandatangan Kerja Sama dengan RRI Kendari

Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas menambahkan bahwa, HPS nantinya akan dihadiri 10.000 peserta terdiri dari gubernur, walikota/bupati serta beberapa Duta Besar Negara Tetangga. Ia menekankan agar persiapan pelaksanaan HPS dapat direncanakan dengan baik, dengan adanya keterlibatan seluruh Kepala Daerah, OPD Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota se-Sultra, serta Stakeholder lainnya dalam mensukseskan HPS.

Peserta rapat koordinasi persiapan HPS ke-39. Foto: istimewa.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sultra, Amal Jaya, mengatakan bahwa, puncak kegiatan HPS jatuh pada 16 Oktober 2019, namun hal ini masih akan dikoordinasikan dengan Kementerian Pertanian.

Selain acara puncak, kegiatan HPS Ke 39 akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia. Beberapa kegiatan utama yaitu; 1) Gelar Teknologi, 2) Pameran, 3) Panen Raya, 4) Seminar Internasional, 5) Tour Diplomat, 6) Perlombaan/Festival. Festival yang dilaksanakan akan menampilkan produk pangan non beras dan terigu yang akan dikoordinasikan dengan tim penggerak PKK Provinsi Sultra.

Peserta rapat koordinasi persiapan HPS ke-39. Foto: istimewa.

“Untuk struktur kepanitian kegiatan HPS akan melibatkan seluruh Kepala Daerah, OPD, tim penggerak PKK, BPTP Balitbangtan Sultra, dan beberapa Stakeholder lainnya. Setelah kepanitian dirampungkan akan ditindaklanjuti dengan rapat pembahasan secara teknis persiapan pelaksanaan HPS,” kata Amal. (Adv)