HPS ke-39, KRPL Jadikan Daya Tarik pada Gelar Teknologi

oleh -44 views

Foto: Dok. Istimewa.

Konawe Selatan – Hiruk pikuk persiapan penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 hingga kini semakin terasa. Berbagai kegiatan gelar inovasi teknologi yang dipersiapkan Badan Litbang Kementerian Pertanian semakin menunjukkan daya tarik tersendiri.

Meski puncak acara baru akan diselenggarakan pada 2—5 November 2019, namun masyarakat Desa puudambu, Kecamatan Angata, Konawe Selatan setiap hari kedatangan sejumlah tamu dari berbagai daerah guna melihat secara langsung persiapan yang telah dilaksanakan Balitbangtan.

Beras Merah Tani Butuni

Salah satu yang memiliki daya tarik luar biasa adalah gelar teknologi model Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Menyambut acara puncak HPS, tim Balitbangtan bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Pudambu melakukan penataan pekarangan menggunakan berbagai jenis komoditas pangan, baik nabati maupun hewani. Secara keseluruhan dilakukan dengan tujuan mengoptimalkan fungsi lahan pekarangan sebagai basis penguatan pangan rumah tangga.

Baca juga: Litbang Kementan Siap Sukseskan HPS ke-39

Foto: Dok. Istimewa.

KRPL merupakan alternatif terobosan pembangunan pertanian untuk mewujudkan : (1) penganekaragaman atau diversifikasi pangan yang terdiri dari komoditas tanaman umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan, toga, dari komoditas peternakan serta dari komoditas perikanan, (2) dukungan dan pemenuhan pangan rumah tangga dalam pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, dan aman.

Baca juga: Sultra Targetkan Jadi Lumbung Beras Indonesia Timur

Foto: Dok. Istimewa.

Tujuan KRPL adalah untuk melakukan kegiatan usaha tani, usaha ternak, dan usaha budidaya ikan di lahan pekarangan sebagai perwujudan penganekaragaman pangan sehingga kebutuhan pangan dapat tersedia di lingkugan rumah tangga.

Koordinator kegiatan yang juga Penyuluh Balitbangtan BPTP Sultra, Faisal, S.P., mengatakan, salah satu teknologi yang akan ditampilkan dalam kegiatan gelar teknologi HPS yaitu teknologi KRPL.

Baca juga: Bimtek Budidaya Padi, Buka Wawasan Petani Milenial di Konawe Selatan

Foto: Dok. Istimewa.

“Kegiatan KRPL dilakukan dibeberapa lahan pekarangan rumah tangga masyarakat dengan penanaman berbagai jenis sayuran diantaranya cabai, terong, bawang merah, bayam, dan tanaman toga,” ujar Faisal, Senin (21/10/2019).

“Selain penanaman sayuran dilakukan pula budidaya ayam kampung unggul Balitbangtan (KUB), budidaya ikan serta pembangunan kebun bibit desa (KBD),” tutur Faisal.

Foto: Dok. Istimewa.

Sementara itu, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Muhammad Sidiq, STP, MM, memberikan apresiasi kepada tim KRPL yang saat ini kegiatannya sudah pada tahap pemeliharaan tanaman.

“Tim KRPL bersama masyarakat untuk selalu bekerja sama dalam memelihara tanaman agar tetap tumbuh dengan baik, karena KRPL merupakan salah satu fokus kunjungan dari Presiden RI,” ujarnya.

Foto: Dok. Istimewa.

Baca juga: Pustakawan Balitbangtan BPTP Sultra Raih Peringkat I Tingkat Provinsi

“Harapannya, selepas kegiatan ini masyarakat melanjutkan aktivitas pemanfaatan lahan pekarangan melalui KRPL,” katanya.

adv/bni